Komentar MK. Antropologi

Posted: Juni 2, 2008 in Uncategorized

Menulis Manusia Purbakala

 

By Helmi Hakim on Jun 10, 2008 | Reply

Manusia yang tidak bisa membaca dan menulis adalah manusia purbakala dan manusia yang mampu membaca dan menulis adalah manusia sejarah/modern.tapi kalau manusia yang bisanya cuma bisa baca aja dan cuma mengkritiki tulisan punya orang itu masuk manusia jaman sejarah/modern atau masuk pada manusia proto sejarah.

 Menulis Manusia Prasejarah

 

By Helmi Hakim on Jun 10, 2008 | Reply

Memang menulis adalah yang menandai berakhirnya jaman prasejarah.tapi seteleh masuk jaman sejarah kok ngga banyak yang nulis katanya sudah bukan masa prasejarah lagi.

 

Unsur – unsur kebudayaan

 

 · By Helmi Hakim on Apr 14, 2008 | Reply

Dalam setiat kbudayaan masyarakat pastilah memiliki unsur-unsur kebudayaan yang mana setiap unsur-unsur tersebut pastilah akan danggap baik oleh para pndukungnya.Unsur-unsur kebudayaan yang ada disetiap masyarakat memiliki ciri khas masing-masing yang mana ciri-ciri tersebut merupakan pembeda antara kebudayaan yang satu dengan kebudayaan yang lain.

 

Inovasi

 

· By Helmi Hakim on Apr 8, 2008 | Reply

Dalam perkembengan kebudayaan kita mengenal inovasi yang juga dapat disebut dengan proses pembaruan dari penggunaan sumber-sumber alam, energi, dan modal. Dengan demikian inovasi itu mengenai pembaruan kebudayaan yang khusus mengenai unsur teknologi dan ekonomi.

Proses inovasi berkaitan erat dengan penemuan baru dalam teknologi. Biasanya merupakan proses sosial yang panjang dan melalui tahapan khusus, yakni discovery dan invention.

Discovery merupakan penciptaan alat-alat baru yang lebih canggih dari alat-alat yang pernah dibuat sebelumnya, sedangkan invention merupakan pengakuan akan penemuan baru tersebut, apabila tidak ada pengakuan, maka tidak akan ada penemuan baru.

Tentu dalam hal tentang penemuan itu ada faktor pendorongnya, anatara lain: (1) kesadaran para individu akan kekurangan dalam kebudayaan; (2) mutu dari keahlian dalam suatu kebudayaan; (3) sistem perangsang bagi aktivitas mencipta dalam masyarakat.

Jadi dalam prosesnya inovasi merupakan suatu kegiatan dalam menemukan atau membuat sesuatu yang baru atau minimal hanya memperbaiki.

 

Asimilasi

 

· By helmi hakim on Apr 1, 2008 | Reply

Asimilasi yang terjadi akibat dari adanya suatu kebudayaan yang dibawa oleh sekelompok orang,yang mana sekelompok orang ini menjadi kelampok mayoritas di dalam kelompok masyarakat asli yang telah memiliki kebudayaan,mayoritas dalam artian kekuasan atau pengaruh di masyarakat,yang dalam perkembanganya kebudayaan kelompok setempat akhirya di geser oleh kebudayaan kelompok pendatang,yang mana hal ini terjadi karena kebudayaan kelompok pendatang ini lebih dianggap baik dan lebih sesuai dengan perkembanggan yang terjadi di masyaraka oleh masyarakat stempat.

Akulturasi

 

· By helmi hakim on Apr 1, 2008 | Reply

Akulturasi adalah suatu proses pembaharuan kebudayaan suatu kelompok masyarakat yang hanya akan dapat terjadi jika dalam suatu kelompok masyarakat itu kedatangan kebudayaan baru yang dibawa oleh kelompok lain.

 

Penyebaran (unsur – unsur) kebudayaan

 

· By HELMI HAKIM on Mar 19, 2008 | Reply

Penyebaran unsur-unsur kebudayaan tidak akan pernah terjadi tanpa adanya pertemuan ndividu atau kelompok dengan individu atau kelampok lainnya yang mana ada sebagai penduduk asli dan yang satu merupakan pendatang,hal ini merupakan syarat yang harus ada dalanm proses penyebaran unsur-unsur kebudayaan.Namun yang menarik untuk dikaji adalah bagaimana proses penyebaran unsur-unsur kebudayaan itu berlangsung dan mbagaimana sampai kebudayaan itu dapat diterima oleh individu atau kelampok setempat.

 

Kepribadian, pengantar popular

 

· By Helmi Hakim on Mar 7, 2008 | Reply

Menurut saya kepribadian itu merupakan pembeda antara individu yang satu dengan individu yang lainya.baik atau buruknya kepribadian seseorang itu sangatlah dipengaruhi oleh ilmu pengethuan yang di milikinya sebagai hasil dari belajar.

 

Proses belajar kebudayaan

 

· By Helmi Hakim on Mar 3, 2008 | Reply

Kebudayaan merupakan hsil dari pikiran manusia. disini saya dapat menyimpulkan bahwa kebudayaan adalah aktifitas manusia dalam kehidupan sehari-hari yang merupakan buah pikiran, kebudayaan itu dianggap baik oleh pengikutnya dan tidak tentu dianggap baik oleh pihak lain.

 

Kebudayan korupsi

 

· By Helmi Hakim on Feb 27, 2008 | Reply

Dalam tulisan ewa mengenai budaya korupsi, merupakan contoh dari 3 bentuk kebudayaan yang mana menurut saya tidak perlu dilestarikan.
Bentuk kebudayaan yang berupa ide, aktivitas, dan hasil dari aktifitas tersebut menurut saya disetiap lingkup masyarakat sama yang membedakannya hanyalah hasil dari kebudayaannya itu.

 

Komentar
  1. Asmia Ulfah mengatakan:

    Muanteppppp…
    banyak banar komentarnya…komentari ampun ku wan laki ku lah….cakakakaka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s