GURU dengan PEKERJAAN SAMPINGANYA

Posted: Juni 17, 2009 in Uncategorized

Guru sebagai tenaga pendidik yang berperan dalam terselengaranya proses belajar mengajar merupakan suatu profesi yang diporoleh melalui proses yang cukup panjang yakni dari kuliah sampai mendaftar sebagai Pegawai Negeri membutuhkan waktu dan pengorbanan harta dan tenaga yang tidak sedikit.

Melihat dari pencapaian menjadi seorang guru tersebut rupanya tidak menjamin kemapanan dan kecukupan dalam pendapatan untuk pemenuhan kebutuhan hidup, karena pendapatan atau gajih guru yang mereka dapat dianggap masih belum mampu memenuhi kebutuhan hidup mereka, yang kita semua juga telah ikut merasakan tingginya biaya hidup pada masa sekarang. Untuk mengsiasatinya guru mencari kerjaan sampingan selain profesi mereka sebagai guru tujuanya supaya mendapat tambahan luaran selain gajih pokok sebagi seorang guru.

Beragan profesi yang mereka geluti dari berdagang,bertani,berkebun, menjadi tukang ojek, tukang cukur bahkan ada yang menjadi seorang pemulung, pokoknya segala macam propesi yang mereka anggap mampu memberikan tambahan penghasilan. Melihat kondisi seperti ini ironis rasanya pendidikan kita karena bagaimana mungkin pendidikan kita melalui proses belajarnya akan berjalan dengan baik apabila guru sebagai tenaga pengajarnya pun tidak mampu optimal dalam mengeluti profesinya sebagai seorang guru, karena apa? Coba  kita logikakan saja bagaimana guru mampu mempersiapakan skenario untuk kegiatan belajar di kelas jika mereka sibuk dengan pekerjaan sampingan mereka dan bagaimana guru mampu menyusun atau menyiapakan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk kegiatan belajar jika gurunya kecapean sehabis bekerja selain sebagai guru.

Melihat hal demikian sebenarnya solusi atau jalan keluarnya ada pada kebijakan dari pemerintah yang seharusnya lebih memperhatikan kesejahteraan guru karena apabila gurunya sejahtera maka proses belajar mengajarnyapun akan berjalan seperti yang diharapkan, sehingga nantinya akan membantu tercapainya tujuan pendidikan nasional.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s