MENUJU GURU PROFESIONAL

Posted: Juni 18, 2009 in Uncategorized

Dalam proses belajar mengajar guru memiliki peran penting dalam hal tersebut karena kemana arah yang akan di tuju dalam pendidikan gurulah yang akan menentukannya. Pada masa sekarang ini guru dituntut agar lebih profesional agar mampu mengimbangi laju proses masuknya kebudayaan barat dan supaya generasi bangsa Indonesia mampu mengendarai kendaraan globalisasi dengan seimbang dan lancar, maka oleh itu pendidikan guru semakin dimantapkan dan kualitasnya semakin ditingkatkan, hal ini dilakukan agar nantinya guru yang dihasilkan akan menjadi guru yang profesional. Banyak para ahli dan masyarakat umum bertanya sebenarnya bagaimana ciri dari guru yang profesional?. Sebenarnya pertanyaan tersebut muncul akibat kurangnya peran serta dari pemerintah untuk memberikan acuan yang tepat yang nantinya mampu menjadi pegangan dan arah yang akan dituju oleh calon guru.

 


Membahas mengenai guru yang profesional, pastinya kita harus tahu dulu apa itu tugas dari guru dalam proses belajar mengajar. Secara umum tugas guru adalah mengatur lingkungan serta membimbing aktivitas anak. Artinya, janganlah hanya guru yang aktif, karena itu guru jangan memonopoli aktivitas kelas. Dalam mengajar guru senantiasa harus bertanya kepada dirinya, aktivitas apakah yang dapat diberikan kepada anak, apakah yang dapat dikerjakan oleh anak. Untuk menjadi guru yang profesional, guru harus memiliki ciri-ciri yang baik menurut Prof. Dr. S. Nasution, M.A. dalam bukunya yang berjudul “Didaktik Asas-asas Mengajar”. Ada 10 ciri-ciri guru yang baik yaitu:
1. Guru yang baik mampu memahami serta menghormati murid
2. Guru yang baik harus menghormati bahan pelajaran yang diberikan
3. Guru yang baik mampu menyesuakan metode mengajar dengan bahan pelajaran
4. Guru yang baik mampu menyesuaikan bahan pelajaran dengan kesanggupan individu
5. Guru yang baik mampu mengaktifkan murid dalam hal belajar
6. Guru yang baik memberi pengertian dan bukan hanya kata-kata belaka
7. Guru yang mampu menghubungkan pelajaran dengan kebutuhan murid
8. Guru yang mempunyai tujuan tertentu dengan tiap pelajaran yang diberikannya
9. Guru yang tidak hanya terikat oleh satu buku pelajaran (text book)
10. Guru yang baik tidak hanya mengajar dalam arti menyampaikan pengetahuan saja kepada murid melainkan senantiasa mengembangkan pribadi anak.
Apabila guru telah mampu memiliki ciri-ciri diatas seyogyanya guru tersebut telah mampu digolongkan ke dalam guru yang profesional, tapi menurut saya guru yang profesional haruslah juga memiliki syarat mutlak yaitu untuk menjawab tantangan dan rintangan yang dilalui dalam mengendarai kendaraan globalisasi, syarat mutlak tersebut ialah guru harus berilmu, beriman dan beramal. Apabila semuanya telah terpenuhi maka barulah benar-benar seorang guru telah diberikan cap sebagai guru yang profesional. Namun, pertanyaan baru timbul di era sekarang ini, yaitu apakah guru-guru di negara kita ini sudah tergolong kedalam guru sebagai pengajar dan pendidik yang profesional, tentu saya tidak bisa menjawabnya, karena jawabannya pastilah akan tidak falid karena saya pun juga merupakan calon seorang guru. Jadi, marilah kita tanyakan pada diri kita masing-masing untuk menjawab permasalahan pendidikan ini, agar nantinya pendidikan negara kita ini mampu meningkat dan mengalami kemajuan serta untuk mendukung terselenggaranya tujuan pendidikan nasional Indonesia.

Komentar
  1. duestinae89 mengatakan:

    Kim,,,berat banget pinanya blog mu neh,,,kadada data diri kam kah????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s