Guru Dengan Segala Kekurangannya

Posted: Desember 19, 2012 in Uncategorized

Guru adalah tenaga pengajar dan pendidik, guru dalam fungsinya sebagai tenaga pengajar adalah mentransper ilmu pengetahuan yang sesuai dengan kompetensinya sebagai seorang guru, dan memperikan akan suatu pemahan akan suatu ilmu yang mulanya belum dipahami dan di mengerti serta belum diketahui oleh seorang anak didik.sementara fungsi guru sebagai serang tenaga pendidik adalah untuk membentuk karakter serta akhlak siswa sesuai dengan aturan agama dan aturan hukum yang berlaku.

Guru selain sebagai tenaga pengajar dan tenaga pendidik, guru juga merupakan contoh dan teladan bagi peserta didiknya, karena setiap apapun yang dilakukan oleh seorang guru akan dikomentari oleh siswanya, guru bak bagaikan artis  yang setiap gerak geriknya akan mendapatkan penilain oleh peserta didiknya. mungkin ada istilah yang mampu menggambarkan ini “guru kencing berdiri murid kencing berlari” mungkin itulah istilah yang paling cocok untuk mengambarkan peran guru dalam memberikan contoh kepada peserta didiknya.

Guru juga dikenal sebagai pahlawan”pahlawan tanpa tanda jasa” begitulah kebanyakan orang menistilahkanya, tanpa tanda jasa disini bukan dalam artian bahwa guru dalam melaksanakan tugasnya dengan tanpa mendapatkan imbalan atau gazih dari setiap  titik peluhnya tetapi guru juga memerlukan biaya dalam pemenuhan kebutuhan hidunya. namun bukan pula berarti seorang guru hanya mencari  imbalan dan gazih dari  setiap pekerjaan yang dilakukannya. tanpa tanda jasa disini maksunya adalah bahwa seorang guru harus memiliki rasa keihlasan dalam mengajar dan mendidik peserta didiknya, serta ikhlas dalam menjalankan semua  tugasnya.

Lantas apa hubungannya pemaparan tersebut dengan judul tulisan di atas, jelas sangat berhubungan. berikut akan saya sedikit paparkan hubungan atau korelasi antara fungsi guru sebagai tenaga pengajar dan pendidik serta pemberi panutan bagi peserta didiknya dengan kekurangannya dalam pribadinya ketika melaksanakan profesinya, karena guru juga adalah makhluk manusia biasa yang memiliki kekurangan seperti mahkluk-mahkluk Tuhan lainnya.adapun beberapa kekurangan guru yang akan saya jabarkan dalam penjelasan berikut.

1. Guru sebagai fungsinya sebagai tenaga pendidik yang membentuk ahklak dan karakter sisiwa agar menjadi pribadi yang beriman dan bertakwa serta menjadi manusia yang taat akan aturan hukum yang berlaku, untuk menjalankan fungsi tersebut tidak cukup dengan hanya ceramah atau omongan saja, tetapi seorang pribadi guru perlu memberikan contoh melalui prilaku yang nyata dan kongkrit agar mampu di tiru dan di gugu oleh peserta didiknya. namun dalam kenyataannya tidak banyak sosok guru  yang mampu menjadi teladan bagi peserta didiknya, misalkan saja seorang guru selalu melarang sisiwa untuk merokok di sekolah, tetpai terkadang ada beberpa guru yang malahan merokok di sela-sela istirahnya dan bahkan dengan bangganya merokok di hadapan siswnanya. contoh lain seorang guru selalu menegur bahkan membentak serta memarahi siswanya ketika pada saat upacara bendera setiapa pagi senin saat dalam keadaan siap berbincang-bincang atau ngobrol, namun pada saat yang bersamaan seorang guru yang berbaris dihadapan barisan siswanya malahan berbincang-bincang dengan asiknya.

2. Guru dalam fungsinya sebagai tenaga pengajar yang memberikan pelajaran sesuai kompetensianya terkadang mengerutu dan merasa marah serta kecewa ketika peserta didiknya tidak pahan atau mengerti materi pelajaran yang dia ajarkan, dan sangat sering terlontar kata dari mulut seorang guru perkataan” ah masa gitu aja tidak bisa”. melihat hal demikian adalah merupakan kesalahna yang besar  bagi seorang guru, karena guru tidak memahami atau  bahkan  tidak mau memahami latar belakang mengapa siswa terseut tidak mengerti, selain itu guru juga terkadang harus maklum karena seorang siswa juga terkadang merasa tertekan karena siswa juga di tuntut paham dan mengerti pelajran dari bidang lain dalam waktu yang relatif bersamaan.guru juga perlu tau latar belakang pisikologis siswa dam permasalahan yang dihadapi siswa terhadap palajaran yang kita ajarkan, bukan hanya permasalah sekolah yang seorang guru perhatikan permasalah siswa di luar sekolah juga tidak boleh kita abaikan, karena antara semuanya saling berkorelasi.

3. Guru juga perlu lebih belajar lagi walaupun dia sekarang adalah seorang pengajar. maksunya guru memiliki tugas untuk  mentransfer ilmu pengetahuan sesuai kompetensinya, yakni guru dituntut untuk agar siswa memahaminya. guru terkang lupa bahwa seorang guru mentarnsfer ilmu tersrbut di tampung oleh seorang peserta didik di dalam pikiranya atau yang lebih jelas adalah otaknya. inilah kesalahan seorang guru, secara logikanya saja seorang yang mentransfer ilmu ke otak tetapi dia tidak pernah tau bagaimana fungsi otak dan bagaimana cara kerja otak .

Mungkin penjabaran di atas adalah beberrapa penjabaran singkat mengenai beberpa kekurangan dan kesalah seorang guru yang sebenarnay semuanya itu mampu diminimalisir bahkan di hilangkan. asalkan seorang guru selalu meningkatkan kemapunnya dan kompetensinya sebagai seorang guru.

Majulah terus para GURU, engakau panutanku, engkau inspirasiku.

Komentar
  1. Evan mengatakan:

    berayuan maka disini wkwkkw

  2. retnoyuliana1212 mengatakan:

    klo sibuk di ngurusi si blog, yg di sebelah aja dianggurin……😦

  3. silentkillerz mengatakan:

    iya sih aku terharu ini sedih banget eh,.. hiks hiks hiks ,. zzzzzzzzz……

  4. semangat tetap jadi guru pa lah pian .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s