Penilaian Autentik pada Kurikuum 2013

Posted: Juli 23, 2013 in Uncategorized

Evaluasi atau penilaian dalam kurikulum 2013 menekankan pada penilaian yang mengacu pada penilaian sikap, pengetahuan dan penilaian keterampilan atau penilaian yang tidak hanya ditekankan pada penialian pengetahuan saja. hal ini  sebenarnya hampir sama saja dalam penilaian yang di lakukan dalam kurikulum terdahulu atau KTSP (kurikulum tinggkat satuan pendidikan), namun mungkin perbedaannya pada kurikulum 2013 ini seorang tenaga pendidik dan penggajar benar benar di tuntut untuk melaksanakan peneliaan autentik tersebut. adapun bentuk dari penilaian autantik padakurikulum 2013 ini  mencakup bentuk penialain kinerja, proyek, portofolio dan tes tertulis.

peniaian padakurikulum 2013 ini benar benar mampu menganalisai dan memahami tinggkat daya serap siswa terhadap pelajaran dan dapatmemberikan perkembanggan yang progres pada tingkat dan sikap karakter seorang peserta  didik.adapun beberapa alasan yang mendari penialain autantik tersebut:

1. penialian yang di lakukan oleh seorang tenaga pendidik biasanya hanya mengacu pada pengetahuan saja  hal ini dapat di lihat berdasarkan RPP dan evaluai yang mereka buat serta rubrik penilaian yang mereka buat.

2. perlunya seorang guru dan sekolah mengetahui perkembangan sikap seorang siswa sebelum dan setelah meraka melakukan aktifitas kegiatan belajar mengajar.

3. adannya tuntutan zaman era sekarang ini yang mana pendidikan kita harus bisa mempersiapkan tenaga profesional guna menghadapi perkembangan zaman yang semakin pesat.

4. menengok keprihatinan karakter bangsa yang semakin minim dan rusak, sehingga perlunya pendidikan sekarang ini untuk menyiapkan generasi yang memiliki karakter yang baik, dan karakter yang berlandaskan pada nilai nilai agama dan budaya bangsa.

semoga dengan di berlakukannya kurikulum 2013 yang mengunakan pendekatan scientifik dan penilaian autentik mampu menyiapakan generasi bangsa yang di harapkan oleh bangsa dan negara kita sekarang ini. maju terus pendidikan Indonesia “waja sampai ka puting” ( usaha sampai akhir).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s