Perubahan Mindset

Posted: Juli 26, 2013 in sosial, Uncategorized

Berbicara mengenai perubahan berarti kita berbicara mengenai pembeda atau komparasi antara suatu masa terdahulu dengan masa yang sekarang atau dengan masa esok hari yang akan di lakukan atau di capai.
Sesuai dengan teori perubahan ” tidak ada yang tidak berubah, kecuali perubahan itu sendiri” maka dari itu kalau kita memahami makna dari perubahan pastinya kita sebagai individu harus siap berubah kapanpun dan di manapun, tapi dengan catatan perubahan yang kita lakukan mengarah pada bentuk perubahan yang progres atau perubahan yang mengarahkan pada kemajuan.
Salah satu bentuk perubahan yang akan saya paparkan dalam tulisan ini adalah perubahan yang menyangkut maindset atau perubahan dalam pola pikir, perubahan pola pikir ini penting dalam kehidupan, karena dari pikiran kitalah semua ide dan gagasan muncul, dari pemikiran kita pula yang mendasari semua tindakan dan perbuatan kita, apabila pola pikir kita baik maka akan berbanding lurus dengan tindakan kita. Perubahan pola pikir ini dapat dilandasi oleh semangat kerja yang tinggi dan keinginan untuk berbuat lebih baik dari keadaan sebelumnya, bisa juga perubahan pola pikir ini di dasarkan pada suatu keadaan yang tidak mengenakkan dan tidak nyaman.
Secara umum bentuk perubahan dapat di kelompokan menjadi dua, jika dilihat dari proses  waktunya, yaitu perubahan secara evolusi dan perbahan secara revolusi.
1. Perubahan evolusi adalah perubahan yang berlangsung dengan waktu yang relatif lama.
2. Perubahan revolusi adalah bentuk perubahan yang berlangsung dalam waktu yang relatif singkat. Dan berubahan ini mengakibatkan dampak yang kadang tak terduga dan tidak direncanaka . Biasanya akan memuncukkan suatu keadaan yang di sebut dengan cultural lag atau ketertinggalan budaya.
Kemudian jika dilihat dari dampak perubahannya, dapat di kelompokan menjadi dua, yaitu perubahan progres dan perubahan regres.
1. Perubahan progres adalah perubahan yang membawa pada arah kenajuan
2. Perubahan regres adalah perubahan yang membawa pada arah kemunduran.
Jadi dari jabaran di atas mengenai perubahan maindset dan bentuk- bentuk dari perubahannya dapat di simpulkan bahwa perubahan pola pikir itu sangatlah penting terlebih bagi individu yang selalu eksis dan aktif dalam beraktifitas dan bekerja serta perubahan pola pikir ini harus menjadi keharusan bagi seseorang yang dihadapkan pada keadaan yang tertekan dan tarintimidasi. Yang penting dengan catatan perubahan tersebut harus ke arah perubahan progres dengan tidak terlalu mempertimbangkan waktu yang di perlukan untuk berubah, karena harus di sesuikan dengan keperluan serta kondisi tertentu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s