Pribadi Yang Dicontoh

Posted: Juli 27, 2013 in Uncategorized

Mencontoh mungkin lebih mudah dari pada untuk menjadi di contoh atau meniru akan lebih mudah dari pada menjadi pribadi yang di tiru. Mencontoh atau meniru sesuatu mungkin tidak ada salahnya, asalnkan sesuatu yang kita contoh mampu membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik, tetapi alangkah baiknya kita mampu menjadi pribadi yang mampu menberikan contoh kepada orang lain untuk di tiru, baik dari segi sikap,ahklak, dan pemikiran serta tindakan.
Tidak mudah untuk menjadi pribadi yang mampu di contoh, terlebih lagi menjadi contoh bagi semua orang yang ada di sekitar kita dan menjadi contoh bagi semua kalangan atau semua kelompok. Menjadi pribadi yang mampu di contoh adalah menjadi pribadi yang memiliki sikap yang baik serta ahklak yang mulia serta kehidupan yang bersahaja dan pola pikir yang progres. Menjadi pribadi seperti ini memerlukan proses yang panjang, proses dalam artian pembentukan karakter.
Pribadi yang mampu di contoh sudah pernah di ajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, beliau mengjarkan bagaimana untuk menjadi sosok pemimpin yang mampu di contoh orang setiap orang, bukan hanya dari golongan tertentu saja, beliaupun mampu di kagumi oleh semua orang tidak hanya oleh orang- orang yang memiliki keyakinan agama yang sama dengan belaiau tetapi beliau juga di kagumi oleh orang yang berbeda keyakinan agama dengannya dan beliau juga tidak hanya di kagumi oleh orang oranag yang memiliki jabatan atau kekayaan tetapi juga di kagumi dan di contoh oleh orang orang golongan kelas menengah dan kelas bawah bahkan dari golongan budak sekalipun. Hampir semua pola dan gaya hidup beliau mampu di contoh semua orang, baik dari cara hidup beliau yang sederhana, gaya hidup yang apa adanya, pemikiran yang cerdas, cermat dan teliti, ketekunan dan kesabaran beliau, keimanan dan tetakwaannya, keihklasannya, kesantunannya, kepeduliannya dengan sesama, gaya kepemimpinannya yang bijaksana.dll. Semuanya mampu di contoh dan di teladani oleh semua orang dari semua golongan dan kelompom orang.
Bebrbeda halnya dengan keadaan sekarang ini, sulitnya menemui sosok yang mampi di contoh, bahkan seorang pemimpin pada saat sekarang ini belum mampu memberikan contoh kepada para bawahan dan rakyat yang di pimpinnya sendiri,seandainya meraka mampu di contohpun,  mereka hanya mampu di contoh sesama kalangan mereka sendiri yaitu sesama para pemimpin dan satu golongan mereka sendiri. Gaya hidup mereka dan tindakan mereka tidak bisa di ikuti oleh orang orang yang berada pada kelompok bawah atau rakyat miskin, sehingga wajar ketika meraka memerintah dan memimpin bangsa ini mereka banyak  tidak di hiraukan dan di pedulikan oleh masyarakatnya, alasannya karena merka tidak mampu memberikan contoh dan teladan yang baik kepada orang lain khususnya bagi masyarakat yang di pimpinnya. Sehingga muncul konsep baru yaitu mengenai krisis kepemimpinan, bukan krisis dalam artian tidak adanya orang yang mau menjadi pemimpin tetapi  kurang adanya pemimpin yang mampu memimpin dengan baik dan sesuai dengan yang di harapkan masyarakat umum, yaitu pemimpinyang hidup sederhana, tujuannya agar mampu di contoh oleh orang orang kaya dan golongan pejabat lain, bahkan mampu di contoh oleh masyarakat miskin yang memang sudah menjadi kewajiban untuk hidup sederhana. Pribadi seperti itulah yang di butuhkan oleh bangsa ini, pribadi yang mampu di contoh oleh semua kalangan masyarakat di negara Indonesia tercinta kita saat ini.
Nah sekarang sudahkah anda menjadi pribadi yang mampu di contoh oleh semua orang di semua golongan? Semuanya hanya pibadi anda dan Tuhan anda yang tahu.

Komentar
  1. silentkillerz mengatakan:

    Makin terharu,.. sangat sedih ini,..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s