REMEDIAL UKK SEJARAH NASIONAL XI SOS 3 SMAN 2 BJM 2015

Posted: Juni 1, 2015 in Uncategorized
  1. Jelaskan hasil dari perundingan KMB?
  2. Jelaskan menurut pendapat kalian mengapa perundingan KMB di anggap lebih banyak merugikan Indonesia?
  3. Jelaskan secara singkat jalannya peristiwa Bandung lautan api?
  4. Jelaskan peranan PBB terhadap perjuangan secara diplomasi bagi Indonesia?
Komentar
  1. Alief Reynaldi Akbar mengatakan:

    Nama: Alief Reynaldi Akbar
    Kelas: XI-SOS 3
    Jawaban:

    1.
    Belanda mengakui kedaulatan kepada Republik Indonesia Serikat pada akhir bulan Desember 1949.
    Mengenai Irian Barat penyelesaiannya ditunda satu tahun setelah pengakuan kedaulatan.
    Antara RIS dan kerajaan Belanda akan diadakan hubungan Uni Indonesia -Belanda yang akan diketuai Ratu Belanda.
    Segera akan dilakukan penarikan mundur seluruh tentara Belanda.
    Pembentukan Angkatan Perang RIS (APRIS) dengan TNI sebagai intinya.

    2. Tertundanya penyelesaian masalah Irian Barat Hutang Belanda pada 1942 sampai disepakatinya RIS akan ditangung RIS
    Indonesia menjadi negara bagian RIS di mana menjadi bawahan dari pemerintahan Belanda

    3. Maret 1946, dalam waktu tujuh jam, sekitar 200.000 penduduk mengukir sejarah dengan membakar rumah dan harta benda mereka, meninggalkan kota Bandung menuju pegunungan di selatan. Beberapa tahun kemudian, lagu “Halo-Halo Bandung” ditulis untuk melambangkan emosi mereka, seiring janji akan kembali ke kota tercinta, yang telah menjadi lautan api.

    4. Karena pbb sebagai persatuan bangsa bangsa memiliki tujuan yang 1 yaitu untuk mensejahterakan bangsa dan negara agar tidak ada lagi yang namanya penindasan dan penjajahan, karena diplomasi Indonesia memang hebat sekali waktu itu sehingga mampu melobi banyak negara untuk membela Indonesia dan kompak dengan seluruh rakyat Indonesia yg berjuang mati2an membela tanah airnya sehingga tidak ada alasan lain dari PBB selain membela kepentingan Indonesia juga.

  2. Rizky Aditya Ramadhan mengatakan:

    NAMA ; RIZKY ADITYA RAMADHAN
    KELAS ; XI SOS 3
    JAWABAN

    1) sebuah pertemuan yang dilaksanakan di Den Haag, Belanda, dari 23 Agustus hingga 2 November 1949 antara perwakilan Republik Indonesia, Belanda, dan BFO (Bijeenkomst voor Federaal Overleg), yang mewakili berbagai negara yang diciptakan Belanda di kepulauan Indonesia.[1] Sebelum konferensi ini, berlangsung tiga pertemuan tingkat tinggi antara Belanda dan Indonesia, yaitu Perjanjian Linggarjati (1947), Perjanjian Renville (1948), dan Perjanjian Roem-Royen (1949). Konferensi ini berakhir dengan kesediaan Belanda untuk menyerahkan kedaulatan kepada Republik Indonesia Serikat.

    2) karena pendapat saya,salah satu dampak dari hasil perundingan tersebut yang menguntungkan bagi bangsa Indonesia adalah Belanda menyerahkan kedaulatan kepada Indonesia dan Lahirlah Republik Indonesia Serikat (RIS) sebagai akibat persetujuan KMB (Algandri, Hamid,1991 : 68). Dengan menyerahkan kedaulatan yang diberikan Belanda kepada Bangsa Indonesia dan terbentuknya Republik Indonesia Sementara menunjukkan bahwa Belanda mengakui Kemerdekaan Indonesia. Bentuk negara Indonesia sebagai dampak dari hasil perundingan tersebut menjadi Republik Indonesia Serikta (RIS) dimana adanya negara-negara bagian ini tidak sesuai dengan cita-cita proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945. Karena negara-negara bagian hasil olahan Belanda yang dibuat-buat untuk memecah-belah bangsa Indonesia terbukti tidak mendapatkan dukungan dari rakyat setempat karena rakyat pun mengetahui tujuan dan maksud dari pembentukan bentuk negara ini yang tidak akan membuat Indonesia bersatu. Hal ini yang membuat RIS tidak bertahan lama. Rakyat setempat dulu membiarkan pembentukan negara semacam itu (RIS) karena takut pada tentara Belanda (Algandri, Hamid, 1991 : 68).

    3) Peristiwa Bandung Lautan Api adalah peristiwa kebakaran besar yang terjadi di kota Bandung, provinsi Jawa Barat, Indonesia pada 23 Maret 1946. Dalam waktu tujuh jam, sekitar 200.000 penduduk Bandung[1] membakar rumah mereka, meninggalkan kota menuju pegunungan di daerah selatan Bandung. Hal ini dilakukan untuk mencegah tentara Sekutu dan tentara NICA Belanda untuk dapat menggunakan kota Bandung sebagai markas strategis militer dalam Perang Kemerdekaan Indonesia.

    4) Peranan PBB dalam ikut menyelesaikan pertikaian Indonesia dengan Belanda diwujudkan dengan dibentuknya Badan Perdamaian yang bertugas menengahi perselisihan dan menjadi mediator dalam perundingan perdamaian Indonesia Belanda. Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia setelah proklamasi tercatat ebeberapa badan Perdamaian yang dibentuk PBB untuk Indonesia adalah :
    1. Komisi Jasa Baik (Komisi Tiga Negara)
    Lembaga ini dibentuk pada tanggal 25 Agustus 1947 sebagai reaksi PBB terhadap Agresi Militer Belanda I. Lembaga ini beranggotakan 3 negara :
    1) Australia (dipilih oleh Indonesia) : Richard Kirby
    2) Belgia (dipilih oleh Belanda) : Paul Van Zealand
    3) Amerika Serikat (pihak netral) : dr. Frank Graham
    Badan ini berperan dalam :
    a) mengawasi secara langsung penghentian temabak menenmbak sesuai resolusi Dewan Keamanan PBB
    b) memasang patok-patok wilayah status quo yg dibantu oleh TNI
    c) mempertemukan kembali Indonesia Belanda dalam Perundingan Renville.

  3. Saprudin mengatakan:

    Nama : Saprudin
    Kelas : XI Sos 3
    Sekolah : Sman 2 Banjarmasin

    Jawaban :

    1.) sebuah pertemuan yang dilaksanakan di Den Haag, Belanda, dari 23 Agustus hingga 2 November 1949 antara perwakilan Republik Indonesia, Belanda, dan BFO (Bijeenkomst voor Federaal Overleg), yang mewakili berbagai negara yang diciptakan Belanda di kepulauan Indonesia.[1] Sebelum konferensi ini, berlangsung tiga pertemuan tingkat tinggi antara Belanda dan Indonesia, yaitu Perjanjian Linggarjati (1947), Perjanjian Renville (1948), dan Perjanjian Roem-Royen (1949). Konferensi ini berakhir dengan kesediaan Belanda untuk menyerahkan kedaulatan kepada Republik Indonesia Serikat.

    2.) Karena pendapat saya,salah satu dampak dari hasil perundingan tersebut yang menguntungkan bagi bangsa Indonesia adalah Belanda menyerahkan kedaulatan kepada Indonesia dan Lahirlah Republik Indonesia Serikat (RIS) sebagai akibat persetujuan KMB (Algandri, Hamid,1991 : 68). Dengan menyerahkan kedaulatan yang diberikan Belanda kepada Bangsa Indonesia dan terbentuknya Republik Indonesia Sementara menunjukkan bahwa Belanda mengakui Kemerdekaan Indonesia. Bentuk negara Indonesia sebagai dampak dari hasil perundingan tersebut menjadi Republik Indonesia Serikta (RIS) dimana adanya negara-negara bagian ini tidak sesuai dengan cita-cita proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945. Karena negara-negara bagian hasil olahan Belanda yang dibuat-buat untuk memecah-belah bangsa Indonesia terbukti tidak mendapatkan dukungan dari rakyat setempat karena rakyat pun mengetahui tujuan dan maksud dari pembentukan bentuk negara ini yang tidak akan membuat Indonesia bersatu. Hal ini yang membuat RIS tidak bertahan lama. Rakyat setempat dulu membiarkan pembentukan negara semacam itu (RIS) karena takut pada tentara Belanda (Algandri, Hamid, 1991 : 68).

    3.) Peristiwa Bandung Lautan Api adalah peristiwa kebakaran besar yang terjadi di kota Bandung, provinsi Jawa Barat, Indonesia pada 23 Maret 1946. Dalam waktu tujuh jam, sekitar 200.000 penduduk Bandung[1] membakar rumah mereka, meninggalkan kota menuju pegunungan di daerah selatan Bandung. Hal ini dilakukan untuk mencegah tentara Sekutu dan tentara NICA Belanda untuk dapat menggunakan kota Bandung sebagai markas strategis militer dalam Perang Kemerdekaan Indonesia.

    4.) Peranan PBB dalam ikut menyelesaikan pertikaian Indonesia dengan Belanda diwujudkan dengan dibentuknya Badan Perdamaian yang bertugas menengahi perselisihan dan menjadi mediator dalam perundingan perdamaian Indonesia Belanda. Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia setelah proklamasi tercatat ebeberapa badan Perdamaian yang dibentuk PBB untuk Indonesia adalah :
    1. Komisi Jasa Baik (Komisi Tiga Negara)
    Lembaga ini dibentuk pada tanggal 25 Agustus 1947 sebagai reaksi PBB terhadap Agresi Militer Belanda I. Lembaga ini beranggotakan 3 negara :
    1) Australia (dipilih oleh Indonesia) : Richard Kirby
    2) Belgia (dipilih oleh Belanda) : Paul Van Zealand
    3) Amerika Serikat (pihak netral) : dr. Frank Graham
    Badan ini berperan dalam :
    a) mengawasi secara langsung penghentian temabak menenmbak sesuai resolusi Dewan Keamanan PBB
    b) memasang patok-patok wilayah status quo yg dibantu oleh TNI
    c) mempertemukan kembali Indonesia Belanda dalam Perundingan Renville.

  4. ryan nugraha mengatakan:

    Nama:Ryan Rezky Nugraha
    Kelas:XI Sos 3
    Jawaban:
    1.-Belanda Mengakui RIS sebagai negara berdaulat
    -masalah irian barat di selesaikan setahun kemudian
    -membentuk Uni Indonesia – Belanda
    – corak ris diatur oleh konstitus yang diatur Indonesia dan BFO

    2.Indonesia dibagi menjadi beberapa negara kecil, dan ini mungkin hanya siasat Belanda untuk kembali menguasai Indonesia
    3.rakyat mendapat perintah dari A.H Nasution untuk membumihanguskan Bandung agar Sekutu dan Nica tidak dapat menggunakan fasilitas di Bandung
    4.PBB menyuruh pihak yang bertikai menghentikan tembak-menembak dan menyelesaikan pertikaian melalui jalan damai.PBB mengusul untuk membuat Komisi Tiga Negara .

  5. Putri Anandita Diatayya mengatakan:

    Nama:Putri Anandita Diatayya
    Kelas:XI Sos 3

    Jawaban:
    1.dimana hasil dri KMB memutuskan 4 kehasilan yaitu, Belanda mengakui RIS sebagai negara merdeka dan berdaulat, masalah irian barat di selesaikan satahun kemudian setelah pangkuan kedaulatan, corak pemerintahan RIS di atur melalui konstitusi yang dibuat oleh delegasi RI dan BFO dalam KMB.hasil utam KMB adalah Belanda meyerahkan kedaulatan RIS pada akhir bulan desember 1949.
    2.karena dalam perundingan itu Indonesia dibagi menjadi beberapa negara yang tergabung didalam RIS dan itu secara tidak langsung membatasi pemerintahan indonesia, dan juga banyak dari pihak dewan menganggap ini hanya akal akalnnya Belanda agar dapat berkuasa kembali di indonesia.
    3.pertempuran bandung lautan api berawal dari teror yang dilakukan orang NICA yang dibencong sekutu yang memicu terjadinya keributan.dan juga rakyat dipaksa untuj menyrahkan diri.TRI menyuruh rakyat untuk meninggalkan kota Bandung.sebelum mengungsi keluar kota rakyat membumihanguskan kota bandung, ini ditujukan agar NICA yang diboncengu sekutu tidak dpt menggunakan fasilatas yang ada di Bandung
    4.PBB mengeluarkan sebuah resolusi kepada pihak yang bertikai agar menghentikan tembak-menembak dan menyelesaikan pertikaian melalui cara damai.PbB mengusulkan suatu komisi jasa baik dikenal dengan sebutan KTN.

  6. Ida Ariyani mengatakan:

    bapak saya Nia Rizki Ma’rifah Kelas XI SOSIAL 3

    1. JELASKAN HASIL PERUNDINGAN KMB
    = a.Belanda mengakui RIS sebagai negara yang merdeka dan berdaulat.
    b. Pengakuan kedaulatan dilakukan selambat-lambatnya tanggal 30 Desember 1949.
    c. Masalah Irian Barat akan diadakan perundingan lagi dalam waktu 1 tahun setelah pengakuan kedaulatan RIS.
    d. Antara RIS dan Kerajaan Belanda akan diadakan hubungan Uni Indonesia Belanda yang dikepalai Raja Belanda.
    e. Kapal-kapal perang Belanda akan ditarik dari Indonesia dengan catatan beberapa korvet akan diserahkan kepada RIS.
    f. Tentara Kerajaan Belanda selekas mungkin ditarik mundur, sedang Tentara Kerajaan Hindia Belanda (KNIL) akan dibubarkan dengan catatan bahwa paraanggotanya yang diperlukan akan dimasukkan dalam kesatuan TNI.

    2. Jelaskan menurut pendapat kalian mengapa perundingan KMB dianggap lebih banyak merugikan Indonesia
    = menurut saya dalam konferensi tersebut ada beberapa pernyataan yang tidak di inginkan oleh bangsa Indonesia karena bangsa ingin mendapatkan kemerdekaan secara penuh :
    1. Pernyataan Belanda yang mengakui RIS sebagai Negara yang berdaulat tetapi bangsa Indonesia tidak menginginkan menjadi Negara Serikat atau Indonesia Serikat
    2. Tidak di akuinya Irian Barat sebagai wilayah NKRI tetapi akan di selesaikan setahun kemudian setelah pengakuan kedaulatan.

    3. Jelaskan secara singkat peristiwa Bandung Lautan Api
    = peristiwa ini berawal ktika kedatangan tentara sekutu yang di boncengi NICA pada bulan Oktober 1945. Sekutu mengeluarkan ultimatum yang memerintahkan rakyat dan para pejuang untuk menyerahkan senjata dan mengosongkan Bandung Utara. Akan tetapi,rakyat dan para pejuang tidak menghiraukanya. Sehingga pertempuran semakin memanas ketika sekutu mengeluarkan ultimatum pada tgl 23 Maret 1946 isi ultimatum tersebut menuntut agar TRI mengosongkan Kota Bndung dan mundur ke luar kota .terpaksa pemerintah dan TRI mengikuti ultimatum tersebut agar mengungsi keluar kota ,tetapi sebelum mengungsi rakyat Membumihanguskan Kota Bandung. Rakyat dengan semangat perjuangan dan pengorbanan membakar fasilitas di Bandung seperti rumah dan markas agar sekutu tidak bisa memanfaatkan fasilitas tersebut. Sehingga dalam waktu singkat api melahap kota Bandung. Sehingga peristiwa inilah yang dikenal dengan Bandung Lautan Api

    4. Peranan PBB terhadap perjuangan secara diplomasi bagi Indonesia
    = 1. Peranan PBB pada Proses Perjuangan Diplomasi Indonesia tahun 1945-1949 RI . Persetujuan Linggarjati Agresi militer Belanda

    2. Peranan PBB pada Proses Perjuangan Diplomasi Indonesia tahun 1945-1949 31 Juli 1947.. Sengketa RI agenda DK PBB Aussie DK terhadap usaha yang mengancam perdamaian dunia (Agresi Militer)

    3. Peranan PBB pada Proses Perjuangan Diplomasi Indonesia tahun 1945-1949 Sidang 1 Agustus 1947, DK menyerukan kedua pihak tidak dan berunding. 4 Agustus 1947 Berlaku Gencatan senjata

    4. Peranan PBB pada Proses Perjuangan Diplomasi Indonesia tahun 1945-1949 DK PBB lalu membentuk KTN Komisi Tiga Negara : Australia,Belgia,Amerika Serikat

    5. Peranan PBB pada Proses Perjuangan Diplomasi Indonesia tahun 1945-1949 Tapi, biar sudah berlaku gencatan senjata, Belanda masih melanggar.. Agresi Militer II
    19 Desember 1948 KTN lapor ke DK PBB Sidang (lagi) 22 Desember 1948 DK mendesak berhentinya permusuhan Belanda membebaskan pimpinan RI yang ditawan

    6. Peranan PBB pada Proses Perjuangan Diplomasi Indonesia tahun 1945-1949 Negara peserta Konferensi Asia menuntut pemulihan status RI, Belanda ditarik mundur, Kedaulatan diserahkan ke rakyat Indonesia, Wewenang KTN diperluas. -Konferensi Asia di New Delhi, 23 Januari 1948 28 Januari 1949 Resolusi DK: – Gencatan senjata Pengembalian pemimpin RI -> Yogya Perundingan berdasarkan Linggarjati&Renville Diikuti pembentukan UNCI: Membantu melancarkan perundingan untuk mengembalikan kekuasaan RI

    7. Peranan PBB pada Proses Perjuangan Diplomasi Indonesia tahun 1945-1949 Dalam KMB yang diselenggarakan PBB, Belanda secara de jure 2 mengakui kedaulatan RI. 28 September 1950, Indonesia resmi diterima sebagai anggota PBB

  7. ayyu kirana s. mengatakan:

    nama: AYYU KIRANA S.
    kelas: XI SOS 3
    jawaban:
    1) pada perudingan kmb, mengasilkan sbg brkut:
    a. Belanda mengakui RIS sebagai negara yang merdeka dan berdaulat.
    b. Pengakuan kedaulatan dilakukan selambat-lambatnya tanggal 30 Desember 1949.
    c. Masalah Irian Barat akan diadakan perundingan lagi dalam waktu 1 tahun setelah pengakuan kedaulatan RIS.
    d. Antara RIS dan Kerajaan Belanda akan diadakan hubungan Uni Indonesia Belanda yang dikepalai Raja Belanda.
    e. Kapal-kapal perang Belanda akan ditarik dari Indonesia dengan catatan beberapa korvet akan diserahkan kepada RIS.
    f. Tentara Kerajaan Belanda selekas mungkin ditarik mundur, sedang TentaraKerajaan Hindia Belanda (KNIL) akan dibubarkan dengan catatan bahwa paraanggotanya yang diperlukan akan dimasukkan dalam kesatuan TNI.

    2) karena Irian Barat belum bisa diserahkan kepada Republik Indonesia Serikat,bentuk negara serikat pun tidak sesuai dengan cita-cita Proklamasi
    Kemerdekaan 17 Agustus 1945 dan juga Dibentuknya sebuah persekutuan Belanda-Indonesia, dengan pemimpin kerajaan Belanda sebagai kepala negara

    3) Di Gedung DENIS, Jalan Braga (sekarang Gedung Bank Jabar), terjadi insiden perobekan warna biru bendera Belanda, sehingga warnanya tinggal merah dan putih menjadi bendera Indonesia. Perobekan dengan bayonet tersebut dilakukan oleh seorang pemuda Indonesia bernama Mohammad Endang Karmas, dibantu oleh Moeljono.
    Peristiwa yang memperburuk keadaan terjadi pada tanggal 25 November 1945. Selain menghadapi serangan musuh, rakyat menghadapi banjir besar meluapnya Sungai Cikapundung. Ratusan korban terbawa hanyut dan ribuan penduduk kehilangan tempat tinggal. Keadaan ini dimanfaatkan musuh untuk menyerang rakyat yang tengah menghadapi musibah.

    Berbagai tekanan dan serangan terus dilakukan oleh pihak Inggris dan Belanda. Tanggal 5 Desember 1945, beberapa pesawat terbang Inggris membom daerah Lengkong Besar. Pada tanggal 21 Desember 1945, pihak Inggris menjatuhkan bom dan rentetan tembakan membabi buta di Cicadas. Korban makin banyak berjatuhan.
    Untuk itu diutuslah pemuda Muhammad Toha dan Ramdan. Kedua pemuda itu berhasil meledakkan gudang tersebut dengan granat tangan. Gudang besar itu meledak dan terbakar, tetapi kedua pemuda itu pun ikut terbakar di dalamnya. Sejak saat itu, kurang lebih pukul 24.00 Bandung Selatan telah kosong dari penduduk dan TRI. Tetapi api masih membubung membakar kota. Dan Bandung pun berubah menjadi lautan api.
    Pembumihangusan Bandung tersebut merupakan tindakan yang tepat, karena kekuatan TRI dan rakyat tidak akan sanggup melawan pihak musuh yang berkekuatan besar. Selanjutnya TRI bersama rakyat melakukan perlawanan secara gerilya dari luar Bandung. Peristiwa ini melahirkan lagu “Halo-Halo Bandung” yang bersemangat membakar daya juang rakyat Indonesia

    4) Peranan PBB dalam ikut menyelesaikan pertikaian Indonesia dengan Belanda diwujudkan dengan dibentuknya Badan Perdamaian yang bertugas menengahi perselisihan dan menjadi mediator dalam perundingan perdamaian Indonesia Belanda. Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia setelah proklamasi tercatat ebeberapa badan Perdamaian yang dibentuk PBB untuk Indonesia adalah :
    1. Komisi Jasa Baik (Komisi Tiga Negara)
    2. UNCI (United Nations Commisions for Indonesia)

    • Nama: Muhammad Daud Yahya Kusuma Perdana
      Kelas : XI Sos III

      Jawaban
      1.Konferensi Meja Bundar (KMB)
      -.Belanda mengakui Republik Indonesia Serikat (RIS) sebagai negara merdeka dan berdaulat
      -.Penyelesaian soal Irian Bart ditangguhkan samapi tahun berikutnya
      -.RIS sebagai negara erdaulat penuh kerjasama dengan Belanda dalam suatu perserikatan yang kepalai oleh Ratu Belanda atas dasar sukarela dengan kedudukan dan hak yang sama.
      -.RIS mengembalikan hak milik Belanda, memberikan hak konsensi, dan izin baru bagi perusahaan-perusahaan.
      -.Semua utang bekas Hindia Belanda harus di bayar oleh RIS.

      2.Belanda belum mengakui Irian Barat sebagai bagian dari Bangsa Indonesia. belanda masih menganggap Irian Barat adalah miliki mereka, sehingga Bangsa Indonesia pada masa setelah perundingan KMB berakhir masih berusaha memperjuangkan Irian Barat untuk memperoleh pengakuan dari Belanda bahwa Irian Barat merupakan salah satu bagian dari Bangsa Indonesia.

      3.Peristiwa Bandung Lautan Api
      adalah peristiwa kebakaran besar
      yang terjadi di kota Bandung,
      provinsi Jawa Barat, Indonesia
      pada 24 Maret 1946. Dalam waktu
      tujuh jam, sekitar 200.000
      penduduk Bandung membakar
      rumah mereka, meninggalkan kota
      menuju pegunungan di daerah
      selatan Bandung. Hal ini
      dilakukan untuk mencegah
      tentara Sekutu dan tentara NICA
      Belanda untuk dapat
      menggunakan kota Bandung
      sebagai markas strategis militer
      dalam Perang Kemerdekaan
      Indonesia

      4. 1. Peranan PBB pada Proses Perjuangan Diplomasi Indonesia tahun 1945-1949 RI di mata Internasional? Semakin Tampak Coz’ Persetujuan Linggarjati Agresi militer Belanda
      2. Peranan PBB pada Proses Perjuangan Diplomasi Indonesia tahun 1945-1949 31 Juli 1947.. Sengketa RI -> agenda DK PBB Aussie DK terhadap usaha yang mengancam perdamaian dunia (Agresi Militer)
      3. Peranan PBB pada Proses Perjuangan Diplomasi Indonesia tahun 1945-1949 Sidang 1 Agustus 1947, DK menyerukan -> kedua pihak tidak dan berunding. 4 Agustus 1947 Berlaku Gencatan senjata
      4. Peranan PBB pada Proses Perjuangan Diplomasi Indonesia tahun 1945-1949 DK PBB lalu membentuk KTN Komisi jasa baik: A.S. Aussie Belgia Membuat perjanjian Renville
      5. Peranan PBB pada Proses Perjuangan Diplomasi Indonesia tahun 1945-1949 Tapi, biar sudah berlaku gencatan senjata, Belanda masih melanggar.. Agresi Militer II ! 19 Desember 1948 KTN lapor ke DK PBB Sidang (lagi) 22 Desember 1948 DK mendesak berhentinya permusuhan Belanda membebaskan pimpinan RI yang ditawan
      6. Peranan PBB pada Proses Perjuangan Diplomasi Indonesia tahun 1945-1949 Negara peserta Konferensi Asia menuntut pemulihan status RI, Belanda ditarik mundur, Kedaulatan diserahkan ke rakyat Indonesia, Wewenang KTN diperluas. -Konferensi Asia di New Delhi, 23 Januari 1948 28 Januari 1949 Resolusi DK: – Gencatan senjata Pengembalian pemimpin RI -> Yogya Perundingan berdasarkan Linggarjati&Renville Diikuti pembentukan UNCI: Membantu melancarkan perundingan untuk mengembalikan kekuasaan RI
      7. Peranan PBB pada Proses Perjuangan Diplomasi Indonesia tahun 1945-1949 Dalam KMB yang diselenggarakan PBB, Belanda secara de jure 2 mengakui kedaulatan RI. 28 September 1950, Indonesia resmi diterima sebagai anggota PBB

  8. Nia Rizki Ma'rifah mengatakan:

    Nama: Rima tria kusuma
    kelas : XI-sosial-3

    1. Jelaskan hasil perundingan KMB
    =
    1.indonesia mengakuikebradaan RIS (republic Indonesia serikat)sebagia Negara merdeka dan berdaulat. RIS terdidi atas Republik Indonesia dan lima belas Negara bagian yang di bentuk Belanda
    2.masalah Irian Barat akan di selesaikan setahun kemudian setelah pengakuan kedaulatan .
    3.corak pemerintah RIS akan diatur melalui konstitusi yang dibuat oleh delagasi Republik Indonesia dan BFO selama KMB berlangsung
    4.akan dibentuk Uni Indonesia-Belanda yang bersifat lebih longgar berdasarkan kerja sama secara sukarela dan sederajat

    2. Jelaskan menurut pendapat kalian mengapa perundingan KMB dianggap lebih banyak merugikan Indonesia
    =
    Karena keinginan bangsa Indonesia untuk merdeka secara penuh tidak tercapai di karena kan hasil perundingan KMB yang salah satunya merugikan Indonesia yaitu Belanda belum mengakui Irian Barat sebagai wilayah bangsa Indonesia . belanda masih menganggap Irian Barat adalah milik mereka,sehingga bangsa Indonesia pada masa perundingan KMB berakhir masih berusaha memperjuangkan Irian Barat untuk memperoleh pengakuan dari Belanda bahwa Irian Barat merupakan salah satu dari bangsa Indonesia

    3. Jelaskan secara singkat peristiwa Bandung Lautan Api
    = peristiwa ini berawal ktika kedatangan tentara sekutu yang di boncengi NICA pada bulan Oktober 1945. Sekutu mengeluarkan ultimatum yang memerintahkan rakyat dan para pejuang untuk menyerahkan senjata dan mengosongkan Bandung Utara. Akan tetapi,rakyat dan para pejuang tidak menghiraukanya. Sehingga pertempuran semakin memanas ketika sekutu mengeluarkan ultimatum pada tgl 23 Maret 1946 isi ultimatum tersebut menuntut agar TRI mengosongkan Kota Bndung dan mundur ke luar kota .terpaksa pemerintah dan TRI mengikuti ultimatum tersebut agar mengungsi keluar kota ,tetapi sebelum mengungsi rakyat Membumihanguskan Kota Bandung. Rakyat dengan semangat perjuangan dan pengorbanan membakar fasilitas di Bandung seperti rumah dan markas agar sekutu tidak bisa memanfaatkan fasilitas sesuai dengan instruksi Kolonel Abdul Haris Nasution. Sehingga dalam waktu singkat apai melahap Kota Bandung . peristiwa inilah yang di kenal dengan Bandung Lautan Api

    4. Peranan PBB terhadap perjuangan secara diplomasi bagi Indonesia
    =
    Peranan PBB dalam ikut menyelesaikan pertikaian Indonesia dengan Belanda diwujudkan dengan dibentuknya Badan Perdamaian yang bertugas menengahi perselisihan dan menjadi mediator dalam perundingan perdamaian Indonesia Belanda. Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesiasetelah proklamasi tercatat ebeberapa badan Perdamaian yang dibentuk PBB untuk Indonesia adalah :

    1. Komisi Jasa Baik (Komisi Tiga Negara)
    Lembaga ini dibentuk pada tanggal 25 Agustus 1947 sebagai reaksi PBB terhadap Agresi Militer Belanda I. Lembaga ini beranggotakan 3 negara :
    1) Australia (dipilih oleh Indonesia) : Richard Kirby
    2) Belgia (dipilih oleh Belanda) : Paul Van Zealand
    3) Amerika Serikat (pihak netral) : dr. Frank Graham
    Badan ini berperan dalam :
    a) mengawasi secara langsung penghentian temabak menenmbak sesuai resolusi Dewan Keamanan PBB
    b) memasang patok-patok wilayah status quo yg dibantu oleh TNI
    c) mempertemukan kembali Indonesia Belanda dalam Perundingan Renville.

    2. UNCI (United Nations Commisions for Indonesia)
    Badan perdamaian ini dibentuk pada tanggfal 28 Januari 1949 untuk menggantikan Komisi Tiga Negara yang dianggap gagal mendamaikan Indonesia – Belanda (Belanda kembali melakukan Agresi Militer setelah P. Renville)
    Peranan UNCI adalah :
    a) mengadakan Perundingan Roem Royen (7 Mei 1949)
    b) mengadakan Konferensi Meja Bundar di Den Haag Belanda

  9. Hairun Nisa mengatakan:

    Nama : Hairun Nisa
    Kelas : XI sos 3
    Jawaban :
    1. Sebuah pertemuan yang dilaksanakan di Den Haag, Belanda, dari 23 Agustus hingga 2 November 1949 antara perwakilan Republik Indonesia, Belanda, dan BFO (Bijeenkomst voor Federaal Overleg) yang mewakili berbagai negara yang diciptakan Belanda di kepulauan Indonesia. dan sebelum konferensi ini, berlangsung tiga pertemuan tingkat tinggi antara Belanda dan Indonesia, yaitu Perjanjian Linggarjati (1947) perjanjian Renville (1948) dan Perjanjian Roem-Royen (1949) konferensi ini berakhir dengan kesediaan Belanda untuk menyerahkan kedaulatan kepada Republik Indonesia Serikat.
    2. Karena rakyat indonesia harus membayar segala utang nya dan pada saat perundingan kmb terjadinya masalah ekonomi yang sangat krisis sehingga indonesia mengalami kerugian banyak
    3. Suatu hari di bulan maret 1946 , dalam waktu 7 jam sekitar 200.000 penduduk mengukir sejarah dengan membakar rumah dan harta benda mereka meninggalkan kota menuju pegunungan di selatan , beberapa tahun kemudian lagu ” halo halo bandung ” ditulis untuk melambangkan emosi mereka seiring janji akan kembali ke kota mereka yg sekarang telah menjadi lautan api
    4. Peranan PBB pada proses perjuangan diplomasi indonesia tahun 1945-1949 RI
    – persetujuan linggarjati agresi militer belanda
    -sengkera RI -> agenda DK PBB aussie DK terhadapa usaha yg mengancam perdamaian dunia (agresi militer)
    -sidang 1 agustus 1947 , DK menyerukan kedua pihak tidak dan berunding , 4 agustus 1947 berlaku gencatan senjata
    -PBB membentuk KTN komisi jasa baik : A.S aussie belgia membuat perjanjian renville
    -19 desember 1948 KTN lapor ke PK PBB sidang (lagi) 22 desember 1948 DK mendesak berhentinya permusuhan belanda membebaskan pimpinan RI yg ditawan
    -negara peserta konferensi asia menuntut pemulihan status RI , belanda ditarik mundur , kedaulatan diserahkan ke rakyat indonesia , wewenang KTN diperluas konferensi asia di new delhi , 23 januari 1948 . 28 januari 1949 resolusi DK – gencatan senjata pengembalian pemimpin RI -> yogya perundingan berdasarkan linggarjati & reinville diikuti pembentukan UNCI : membantu melancarkan perundingan untuk mengembalikan kekuasaan RI
    – dalam KMB yg diselenggarakan PBB , belanda secara de jure 2 mengakui kedaulatan RI . 28 september 1950 , indonesia resmi diterima sebagai anggota PBB

  10. Aldy .DarkNeko mengatakan:

    Nama: Muhammad Renaldi
    Kelas: XI SOS 3

    Jawaban:

    1) a#Belanda mengakui Republik Indonesia Serikat (RIS) sebagai negara yang merdeka dan berdaulat.
    b#Status Karesidenan Irian Barat diselesaikan dalam waktu setahun, sesudah pengakuan kedaulatan.
    c#Akan dibentuk Uni Indonesia-Belanda berdasarkan kerja sama sukarela dan sederajat.
    Republik Indonesia Serikat mengembalikan hak milik Belanda dan memberikan hak-hak konsesi dan izin baru untuk perusahaan-perusahaan Belanda.
    d#Republik indonesia Serikat harus membayar semua utang Belanda yang ada sejak tahun 1942.

    2) – Belum diakuinya Irian Barat sebagai bagian dari Indonesia. Sehingga Indonesia masih
    berusaha untuk memperoleh pengakuan bahwa Irian Barat merupakan bagian dari NKRI.
    – Membayar kerugian perang terhadap Belanda.

    3) Pasukan Inggris bagian dari Brigade MacDonald tiba di Bandung pada tanggal 12 Oktober 1945. Sejak semula hubungan mereka dengan pemerintah RI sudah tegang. Mereka menuntut agar semua senjata api yang ada di tangan penduduk, kecuali TKR dan polisi, diserahkan kepada mereka. Orang-orang Belanda yang baru dibebaskan dari kamp tawanan mulai melakukan tindakan-tindakan yang mulai mengganggu keamanan. Akibatnya, bentrokan bersenjata antara Inggris dan TKR tidak dapat dihindari. Akibatnya para penduduk membakar rumah mereka sendiri agar Bandung tidak dijadikan markas oleh sekutu.Sebab penduduk Bandung sadar bahwa lawanny adalah mantan tentara veteran perang dunia II jadi berpikir tidak akn bisa menang dalam bentuk fisik.

    4) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) adalah organisasi internasional dengan Tujuannya adalah memfasilitasi kerjasama dalam hukum internasional, keamanan internasional, pembangunan ekonomi, kemajuan sosial, hak asasi manusia, dan pencapaian perdamaian dunia.
    Peranan PBB dalam ikut menyelesaikan pertikaian Indonesia dengan Belanda diwujudkan dengan dibentuknya Badan Perdamaian yang bertugas menengahi perselisihan dan menjadi mediator dalam perundingan perdamaian Indonesia Belanda. Yaitu sesuai dengan fungsinya sendiri seperti Fungsi proteksi, yaitu PBB berusaha memberikan perlindungan kepada seluruh anggota. Fungsi integrasi, yaitu PBB sebagai wadah atau forum untuk membina persahabatan dan persaudaraan bangsa-bangsa. Fungsi sosialisasi, yaitru PBB sebagai sarana untuk menyampaikan nilai-nilai dan norma kepada semua anggota. Fungsi pengendali konflik , yaitu PBB sebagai lembaga internasional diharapkan dapat mengendalikan konflik-konflik yang muncul dari sesama anggota sehingga tidak sampai menimbulkan ketegangan dan peperangan sesama anggota PBB.

  11. Atha Ramadhani mengatakan:

    Nama : Atha Ramadhani
    Kelas : XI – SOS 3

    Jawaban:

    1. Belanda mengakui kedaulatan kepada Republik Indonesia Serikat pada akhir bulan Desember 1949.
    Mengenai Irian Barat penyelesaiannya ditunda satu tahun setelah pengakuan kedaulatan.
    Antara RIS dan kerajaan Belanda akan diadakan hubungan Uni Indonesia -Belanda yang akan diketuai Ratu Belanda.
    Segera akan dilakukan penarikan mundur seluruh tentara Belanda.
    Pembentukan Angkatan Perang RIS (APRIS) dengan TNI sebagai intinya.

    2. banyak dari pihak dewan menganggap ini hanya akal akalnnya Belanda agar dapat berkuasa kembali di indonesia.

    3. peristiwa ini berawal ktika kedatangan tentara sekutu yang di boncengi NICA pada bulan Oktober 1945. Sekutu mengeluarkan ultimatum yang memerintahkan rakyat dan para pejuang untuk menyerahkan senjata dan mengosongkan Bandung Utara. Akan tetapi,rakyat dan para pejuang tidak menghiraukanya. Sehingga pertempuran semakin memanas ketika sekutu mengeluarkan ultimatum pada tgl 23 Maret 1946 isi ultimatum tersebut menuntut agar TRI mengosongkan Kota Bndung dan mundur ke luar kota .terpaksa pemerintah dan TRI mengikuti ultimatum tersebut agar mengungsi keluar kota ,tetapi sebelum mengungsi rakyat Membumihanguskan Kota Bandung. Rakyat dengan semangat perjuangan dan pengorbanan membakar fasilitas di Bandung seperti rumah dan markas agar sekutu tidak bisa memanfaatkan fasilitas tersebut. Sehingga dalam waktu singkat api melahap kota Bandung.

    4. Peranan PBB dalam ikut menyelesaikan pertikaian Indonesia dengan Belanda diwujudkan dengan dibentuknya Badan Perdamaian yang bertugas menengahi perselisihan dan menjadi mediator dalam perundingan perdamaian Indonesia Belanda. Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia setelah proklamasi tercatat ebeberapa badan Perdamaian yang dibentuk PBB untuk Indonesia adalah :
    1. Komisi Jasa Baik (Komisi Tiga Negara)
    2. UNCI (United Nations Commisions for Indonesia)

  12. Nugraha Ridho Cahayani mengatakan:

    Nama : Nugraha Ridho Cahayani
    Kelas : XI sos 3
    Jawaban :

    1.hasil dari KMB

    – Belanda mengakui kedaulatan kepada Republik Indonesia Serikat pada akhir bulan Desember 1949.
    – Mengenai Irian Barat penyelesaiannya ditunda satu tahun setelah pengakuan kedaulatan.
    – Antara RIS dan kerajaan Belanda akan diadakan hubungan Uni Indonesia -Belanda yang akan diketuai Ratu Belanda.
    – Segera akan dilakukan penarikan mundur seluruh tentara Belanda.
    – Pembentukan Angkatan Perang RIS (APRIS) dengan TNI sebagai intinya.

    2.Tertundanya penyelesaian masalah Irian Barat Hutang Belanda pada 1942 sampai disepakatinya RIS akan ditangung RIS
    Indonesia menjadi negara bagian RIS di mana menjadi bawahan dari pemerintahan Belanda

    3.Peristiwa Bandung Lautan Api adalah peristiwa kebakaran besar yang terjadi di kota Bandung, provinsi Jawa Barat, Indonesia pada 23 Maret 1946. Dalam waktu tujuh jam, sekitar 200.000 penduduk Bandung[1] membakar rumah mereka, meninggalkan kota menuju pegunungan di daerah selatan Bandung. Hal ini dilakukan untuk mencegah tentara Sekutu dan tentara NICA Belanda untuk dapat menggunakan kota Bandung sebagai markas strategis militer dalam Perang Kemerdekaan Indonesia.

    4. Peranan PBB pada proses perjuangan diplomasi indonesia tahun 1945-1949 RI
    – persetujuan linggarjati agresi militer belanda
    -sengkera RI -> agenda DK PBB aussie DK terhadapa usaha yg mengancam perdamaian dunia (agresi militer)
    -sidang 1 agustus 1947 , DK menyerukan kedua pihak tidak dan berunding , 4 agustus 1947 berlaku gencatan senjata
    -PBB membentuk KTN komisi jasa baik : A.S aussie belgia membuat perjanjian renville
    -19 desember 1948 KTN lapor ke PK PBB sidang (lagi) 22 desember 1948 DK mendesak berhentinya permusuhan belanda membebaskan pimpinan RI yg ditawan
    -negara peserta konferensi asia menuntut pemulihan status RI , belanda ditarik mundur , kedaulatan diserahkan ke rakyat indonesia , wewenang KTN diperluas konferensi asia di new delhi , 23 januari 1948 . 28 januari 1949 resolusi DK – gencatan senjata pengembalian pemimpin RI -> yogya perundingan berdasarkan linggarjati & reinville diikuti pembentukan UNCI : membantu melancarkan perundingan untuk mengembalikan kekuasaan RI
    – dalam KMB yg diselenggarakan PBB , belanda secara de jure 2 mengakui kedaulatan RI . 28 september 1950 , indonesia resmi diterima sebagai anggota PBB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s