REMEDIAL UKK SEJARAH PEMINATAN X.SOS 1 SMAN 2 BJM 2015

Posted: Juni 1, 2015 in Uncategorized
  1. Jelaskan menurut pendapatmu alasan mengapa kepercayaan asli masyarakat tidak mampu berkembang dengan pesat hingga sekarang?
  2. Jelaskan mengapa perdaban india mampu berkembang di Indonesia?
  3. Jelaskan secara singkat bentuk pengaruh peradaban arab yang berkembang pada masyarakat Indonesia?
  4. Jelaskan menurut pendapat kalian alasan mengapa peradaban dari luar Indonesia begitu mudah berkembang di Indonesia?
Komentar
  1. NAMA : NUR HALIMAH
    KELAS : X SOS 1
    REMEDIAL SEJARAH PEMINATAN
    1. Karena kepercayaan hindu-buddha mudah diterima oleh masyarakat indonesia maka masyarakat indonesia masih mempercayai dan bergantung pada kepercayaan serta tradisi masyakarat hindu-buddha sehingga memang sulit untuk berkembang pada masa sekarang.
    2. Orang India menyebarkan kebudayaannya melalui hasil karya sastra, yang berbahasa Sansekerta dan Tamil yang berkembang di wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia. Pada abad 1-5 M di Indonesia muncul pusat-pusat perdagangan terutama pada daerah yang dekat dengan jalur perdagangan tersebut.
    Pengaruh budaya India di Indonesia sangat besar bahkan begitu mudah diterima di Indonesia hal ini dikarenakan unsur-unsur budaya tersebut telah ada dalam kebudayaan asli bangsa Indonesia, sehingga hal-hal baru yang mereka bawa mudah diserap dan dijadikan pelengkap.
    3. Islam masuk ke Indonesia melalui hubungan dagang antara jazirah Arab, teluk Persia, india, selat malaka, dan kepulauan Indonesia pada abad ke-7 sampai 15 M. Kedatangan dan Penyebaran Islam di Indonesia ada teori yang berpendapat baru abad ke-13 M, yang dikemukakan oleh Snouck Hurgronje dan lainnya. Dan yang berpendapat sudah sejak abad pertama Hijriyah atau abad ke-7 Masehi yann antara lain dikemukakan W.P. Groeneveldt, Syeikh Muhammad Naguib Al-Attas, S.Q. Fatimi, Hamka, Uka Tjandrasasmita dll. Masing-masing golongan membuat argumentasinya
    4. Karena indonesia mudah menerima kebudayaan dari peradaban luar. Masuknya kebudayaan tersebut tanpa disaring oleh masyarakat dan diterima secara mentah. Akibatnya kebudayaan asli masyarakat mengalami degradasi yang sangat luar biasa. Budaya luar yang masuk keindonesia menyebabkan multi efek. Budaya Indonesia perlahan-lahan semakin punah.

    • Dhevi Mardhatillah mengatakan:

      1. Karena masyarakat zaman sekarang terlalu mementingkan atau mengikuti aliran barat dan tidak lagi mengakui adanya kepercayaan bangsa indonesia.
      2. Masyarakat india menyebarkan kebudayaan melalui hasil karya sastra, yang berbahasa Sansekerta dan Tamil yang berkembang diwilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia.
      3. Islam masuk ke Indonesia dengan jalan damai pada abad ke-7 dan mengalami perkembangannya pada abad ke-13. Sebagai pemegang peranan dalam penyebaran agama islam adalah bangsa Arab, bangsa Persia, dan Gujarat (india). Proses masuk dan berkembangnya Islam ke indonesia pada dasarnya dilakukan dengan melalui beberapa jalur/saluran yaitu melalui perdagangan seperti yang dilakukan oleh pedagang Arab, Persia dan Gujarat.
      4. Karena adanya krisis globalisasi yang meracuni indonesia

      • Muhammad Muttaqin mengatakan:

        Nama :Muhammad Muttaqin Kelas:X Sos 1
        1. Karena masyarakat zaman sekarang terlalu mementingkan atau mengikuti aliran barat dan tidak lagi mengakui adanya kepercayaan bangsa Indonesia sehingga banyak masyarakat yang melupakan kepercayaan yang dulu.
        2. Masyarakat india menyebarkan kebudayaan melalui hasil karya sastra, yang berbahasa Sansekerta dan Tamil yang berkembang diwilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia.
        3. Islam masuk ke Indonesia dengan jalan damai pada abad ke-7 dan mengalami perkembangannya pada abad ke-13. Sebagai pemegang peranan dalam penyebaran agama islam adalah bangsa Arab, bangsa Persia, dan Gujarat (india). Proses masuk dan berkembangnya Islam ke indonesia pada dasarnya dilakukan dengan melalui beberapa jalur/saluran yaitu melalui perdagangan seperti yang dilakukan oleh pedagang Arab, Persia dan Gujarat.
        4. Karena bangsa Indonesia tertarik dengan adanya budaya barat,,,,,,sehingga bangsa Indonesia mampu menerimanya dengan senang hati

  2. ferdy mengatakan:

    1.karena kebudayaan dari luar mudah diresapi oleh masyarakat, sedangkan kebudayaan dari dalam sangat sulit untuk diresap masyarakat. Hal ini dikarenakan globalisasi yg setiap detik semakin meningkat
    2.karena kebudayaan india dianggap mudah oleh orang-orang, dan orang india lebih banyak menggunkakan seni untuk menyebarkan agamanya
    3.peradaban arab di indonesia lumayan besar hal ini disebabkan karena ajarannya sangat mudah diterima oleh orang-orang, hingga saat ini orang-orang di indonesia masih menggunakan ajaran seperti di arab
    4.karena tekhnologi di indonesia masih belum secanggih negara-negara lain

  3. ferdy mengatakan:

    Dari Ferdy Rahmadhani / X SOS 1

  4. MUHAMMAD ALFIAN NOOR mengatakan:

    NAMA: M.ALFIAN NOOR
    KELAS: X-SOS 1
    REMEDIAL SEJARAH PEMINATAN
    1. Karena dipengaruhi oleh kebudayaan dari luar yang secara tidak langsung telah merubah kepercayaan dan kebudayaan asli masyarakat indonesia.
    2.karena orang india menyebarkan kebudayaannya melalui hasil karya sastra, yang berbahasa sansekerta dan Tamil yang berkembang di wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia.
    3. Menurut Snouck Hurgronye, bahwa islam dibawa ke indonesia oleh orang islam dari Gujarat (india). Jadi islam tidak di sebarkan langsung dari Arab, sebab hubungan antara Arab dengan Indonesia secara langsung baru terjadi pada abad ke-17, yaitu pada masa kerajaan Banten, Mataram, dll. Adapun tentang golongan masyarakat pembawa agama islam ke Indonesia adalah kaum pedagang.
    4. Karena kebudayaan luar sudah mendominanisasi segala aspek. Masuknya budaya luar ke Indonesia di sebabkan salah satunya karena adanya krisis globalisasi yang mempengaruhi masyarkat Indonesia. Pengaruh tersebut berjalan sangat cepat dan menyangkut berbagai bidang kehidupan. Tentu saja pengaruh tersebut akan menghasilkan dampak negatif yang sangat luas pada sistem kebudayaan masyarakat indonesia.

  5. tri wahyu aji saputra mengatakan:

    NAMA : tri wahyu aji saputra
    kelas : x-sos-1
    remedial ukk sejarah peminatan

    1). karena adanya pengaruh kebudayaan dan kepercayaan dari luar yang mudah diterima dan diresapi oleh masyarakat indonesia akhir nya kebudayaan sendiri pun mulai berkurang dan ditinggalkan karena pengaruh nya era-globalisasi yang semakin meningkat

    2). karena pengaruh ny kepercayaan dan budaya yang dibawa dari pedagang india diindonesia sangat besar dan begitu mudah diterima orang pribumi dan dikarenakan adanya unsur-unsur budaya dan agama hindu yg dibawa dari india keindonesia

    3). pedagang muslim asal Arab yang sampai kepulauan Indonesia untuk berdagang sejak abad ke 7 M (abad 1 hijriah), ketika Islam pertama kali perkembang di timur tenggah. Hubungan perdagangan ini menjadi hubungan penyebaran Islam di Indonesia.
    sekitar tahun 625 M telah ada sebuah perkampungan arab Islam di pesisr pantai sumatra. Jadi hanya 9 tahun sejak rasulullah saw memproklamirkan dakwah Islam secara terbuka, di pesisir pantai sumatra sudah terdapat sebuah perkampungan Islam. Akat tetapi, pada priode ini islam belum berkembang secara menyeluruh dan hanya beberapa wilayah yang sudah memeluk Islam, misalnya sebagian sumatra dan sebagian pantai utara jawa.
    Adapun perkembangan selanjutnya, Islam berkembang secara lebih besar pada abad ke 12 M. Menurut para sejarawan Islam masuk ke Indonesia melalui beberapa jalur, sehingga dengan cepat dapat diterima oleh masyrakat Indonesia.\

    4).karena ada nya budaya luar yg mudah diresapi orang indonesia dan karena pengaruh nya era-globalisasi yg semakin maju dan meningkat semakin mudah nya orang indonesia terpengaruh oleh kemajuan budaya era-globalisasi teknologi dari luar….

  6. Arya ersady (@aersdy) mengatakan:

    Nama:Muhammad Arya ersady
    Kelas:X SOS 1
    1.Karena Pengaruh hindu budha adalah kebudayaan asing ke dalam lingkup suatu masyarakat dapat menimbulkan tiga kemungkinan :kedua kebudayaan itu akan berakulturasi ,berjauhan, atau salah satu hancur.pada saat hindu budha masuk ke indonesia masyarakat masih menganut kepercayaan asli, yaitu animisme dan dinamisme. Akibat adanya proses akulturasi, agama Hindu dan Buddha lalu diterima penduduk asli. Dibandingkan agama Hindu, agama Buddha lebih mudah diterima oleh masyarakat kebanyakan sehingga dapat berkembang pesat dan menyebar ke berbagai wilayah. Sebabnya adalah agama Buddha tidak mengenal kasta, tidak membeda-bedakan manusia, dan menganggap semua manusia itu sama derajatnya di hadapan Tuhan (tidak diskriminatif). Menurut agama Buddha, setiap manusia dapat mencapai nirwana asalkan baik budi pekertinya dan berjasa terhadap masyarakat.

    2.Karena Orang India menyebarkan kebudayaannya melalui hasil karya sastra, yang berbahasa Sansekerta dan Tamil yang berkembang di wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia. Pada abad 1-5 M di Indonesia muncul pusat-pusat perdagangan terutama pada daerah yang dekat dengan jalur perdagangan tersebut. Awalnya hanya sebagai tempat persinggahan tetapi akhirnya orang Indonesia ikut dalam kegiatan perdagangan sehingga Indonesia menjadi pusat pertemuan antar para pedagang, termasuk pedagang India.

    3.Sejak awal masehi Indonesia merupakan Indonesia merupakan Negara yang sering dilewati oleh pedagang-pedagang asing baik dari India, cina, atau timur tengah. Seperti di malaka dan wilayah barat nusantara sejak masa kuno wilayah ini menjadi titik perhatian pedagang asing dan menjadi daerah lintasan penting antara cina dan India. Pedagang muslim asal arab Persia dan India juga ada yang yang sampai ke kepulauan Indonesia untuk berdaan sejak abad ke 7 M atau abad ke 1 H, ketika islam pertama kali berkembang di timur tengah. Diperkirakan sejak abad ini pribumi Indonesia sebagian diantaranya sudah ada yang masuk islam. Hanyasaja menurut Taufiq Abdullah belum ada bukti bahwa pribumi Indonesia yang disinggahi oleh pedagang muslim itu beragama islam.
    Baru pada zaman-zaman berikutnya penduduk kepulauan ini masuk islam bermula dari penduduk pribumi dikoloni-koloni pedagang muslim itu. Menjelang abad ke 13M, masyarakat muslim sudah ada di samudera pasai, perlak, dan palembang.
    Dari sinilah akhirnya islam bisa berkembang berkembang kedaerah-daerah yang lainnya di pulau jawa sampai sekarang. Masuknya islam di Indonesia tentunya melalui tahapan-tahapan dan dengan adanya metode-metode yang diterapkan sehingga mampu untuk mengislamkan kepulauan ini.

    4.Karena pengaruh peradaban dari luar Indonesia sangat besar bahkan begitu mudah diterima di Indonesia hal ini dikarenakan unsur-unsur budaya tersebut telah ada dalam kebudayaan asli bangsa Indonesia, sehingga hal-hal baru yang mereka bawa mudah diserap dan dijadikan pelengkap.

  7. Dani Wahyudi mengatakan:

    NAMA : DANI WAHYUDI
    KELAS : X SOS 1

    1. Karena berkembang nya ilmu pengetahuan teknologi, globalisasi yang terjadi pada masyarakat dan kebudayaan luar yang mudah di terima di kalangan masyarakat

    2. Karena India menyebarluaskan agamanya dengan seni dan hasil karya sastra. pengaruh kebudayaan India dalam kebudayaan indonesia tampak pada seni bangunan nya, contoh nya :
    Candi Kidal (di Malang), merupakan tempat Anusapati di perabukan.
    Candi Jago (di Malang), merupakan tempat Wisnuwardhana di perabukan
    Candi Singosari (di Malang) merupakan tempat Kertanegara diperabukan.

    3. Peradaban arab di indonesia dimulai melalui aktivitas perdagangan dan ajaran nya pun mudah di terima di kalangan masyarakat, bahkan berpengaruh dalam bahasa dan pembagian bulan dalam bahasa arab

    4. Karena kebudayaan luar mudah diterima oleh masyarakat indonesia, Iptek yang lebih canggih dan juga kurangnya kesadaran rakyat indonesia akan kebudayaan Indonesia.

  8. sheva yunita mengatakan:

    1. karena masyaraka kurang memahami tentang kepercayaan asli mereka sendiri.
    2. Awalnya hanya sebagai tempat persinggahan tetapi akhirnya orang Indonesia ikut dalam kegiatan perdagangan sehingga Indonesia menjadi pusat pertemuan antar para pedagang, termasuk pedagang India. Hal ini menyebabkan masuknya pengaruh budaya India pada berbagai sektor kehidupan masyarakat Indonesia. Kebudayan Indonesia pada zaman kuno mempunyai fungsi strategis dalam jalur perdagangan antara dua pusat perdagangan kuno, yaitu India dan Cina. Hubungan perdagangan Indonesia-India jauh lebih awal jika dibandingkan dengan hubungan Indonesia-Cina. Dimana hubungan perdagangan Indonesia India telah terjalin sejak awal abad 1 M. Hubungan dagang tersebut kemudian berkembang menjadi proses penyebaran kebudayaan. Pengaruh budaya India di Indonesia sangat besar bahkan begitu mudah diterima di Indonesia hal ini dikarenakan unsur-unsur budaya tersebut telah ada dalam kebudayaan asli bangsa Indonesia, sehingga hal-hal baru yang mereka bawa mudah diserap dan dijadikan pelengkap.
    3. Sejak awal Masehi – atau mungkin lebih tua dari itu – wilayah yang kini disebut “NKRI” (Negara Kesatuan Republik Indonesia), bahkan Asia Tenggara telah menjadi wilayah saling silang dan saling padu pengaruh asing semisal Cina, India, Arab, Persia dan Eropa. Hingga abad-16 hal tersebut berlangsung relatif damai, semua untung.
    4.Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat. kebudayaan dari luar sudah mendominanisasi segala aspek, disebabkan salah satunya karena adanya krisis globalisasi. Pengaruh tersebut berjalan sangat cepat dan menyangkut berbagai bidang kehidupan.

  9. ferdy mengatakan:

    Test2. Maaf mentest saja

  10. MUHAMMAD ALFIAN NOOR mengatakan:

    Mentest aja nah

  11. triwahyu mengatakan:

    Nama: Tri Wahyu Aji Saputra
    kelas : x-sos-1
    Remedial sejarah peminatan

    1.) karena ada nya pengaruh kebudayaan dan kepercayaan dari luar yg mudah diterima dan diresapi oleh masyarakat indonesia akhir nya kebudayaan sendiri pun mulai berkurang dan ditinggalkan karena pengaruh nya era-globalisasi yg semakin meningkat.

    2.) karena pengaruh nya kepercayaan dan budaya yang dibawa dari pedangang india diindonesia sangat besar dan begitu mudah diterima orang pribumi dan dikarenakan ada nya unsur-unsur budaya dan agama hindu yg dibawa dari india keindonesia.

    3.) pedagang muslim asal arab yg sampai kepulauan indonesia untuk berdagang sejak abad ke 7M (abad 1 hijiriah),ketika islam pertama kali perkembang di timur tengah. hubungan perdagangan ini menjadi hubungan penyebaran islam diindonesia.
    sekitar tahun 625 M telah ada sebuah perkampungan arab islam dipesisir pantai sumatera.jadi hanya 9 tahun sejak rasullulah saw memproklamirkan dakwah islam secara terbuka,di pesisir pantai sumatera sudah terdapat sebuah perkampungan islam.akn tetapi,pada priode ini islam belum berkembang secara menyeluruh dan hanya bberapa saja wilayah yg sudah memeluk islam,misal ny sebagian sumatera dan pantai utara jawa.adapun perkembangan selanjut nya,islam berkembang lebih besar pada abad ke-12 M.menurut sejarawan islam masuk keindonesia melalui beberapa jalur,sehingga dengan cepat diterima oleh masyarskat indonesia.

    4.) karena ada nya budaya luar yg mudah diresapi orang indonesia dan karena pengaruh ny era-globalisasi yg semakin maju dan meningkat mudah nya orng indonesia terpengaruh oleh kemajuan budaya era-globalisasi teknologi dari luar…

  12. tri wahyu aji saputra mengatakan:

    pak ulun sudah menjawab jawaban ny tpi pas mengirim ada tulisan menunggu moderasi itu sdh masuk lh….

  13. riana arisanti mengatakan:

    Nama : Riana Arisanti
    Kelas : X sos 1

    1. Jelaskan menurut pendapatmu alas an mengapa kepercayaan asli masyarakat tidak mampu berkembang dengan pesat hingga sekarang ?

    Karena, kepercayaan asli masyarakat merupakan suatu ajaran pandangan hidup berkepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang tidak bersandarkan sepenuhnya kepada ajaran agama-agama yang ada. dalam kehidupan bermasyarakat moralnya maupun dalam rangka menyembah kepada Tuhan penganut paham aliran kepercayaan tidak berpegang ataupun tidak menganut pada suatu ajaran agama tertentu.
    Seiring terus berkembangnya zaman, pola pemikiran manusia pun semakin berkembang maju. Tak terkecuali dalam hal kepercayaan. Bukanlah suatu hal yang aneh ketika suatu masyarakat meyakini suatu kepercayaan tertentu yang oleh masyarakat luas bahkan tidak dianggap bahwa itu adalah agama.

    2. Jelaskan mengapa peradaban India mampu berkembang di Indonesia ?

    Orang India menyebarkan kebudayaannya melalui hasil karya sastra, yang berbahasa Sansekerta dan Tamil yang berkembang di wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia.
    Pada abad 1-5 M di Indonesia muncul pusat-pusat perdagangan terutama pada daerah yang dekat dengan jalur perdagangan tersebut. Awalnya hanya sebagai tempat persinggahan tetapi akhirnya orang Indonesia ikut dalam kegiatan perdagangan sehingga Indonesia menjadi pusat pertemuan antar para pedagang, termasuk pedagang India.
    Hal ini menyebabkan masuknya pengaruh budaya India pada berbagai sektor kehidupan masyarakat Indonesia. Terlihat dengan masyarakat Indonesia yang akhirnya memeluk agama Hindu-Budha serta berdirinya kerajaan-kerajaan di Indonesia yang mendapat pengaruh India seperti Kutai, Tarumanegara, dsb.
    Transfer kebudayaan India merupakan tahapan terakhir dari masa budaya pra sejarah setelah tahun 500 SM. Penyebarannya melalui proses perdagangan, yaitu jalur maritim melalui kawasan Malaka. Jalur perdagangan antar bangsa tersebut kemudian lebih dikenal dengan jalur Sutera. Bukti arkeologisnya ditemukan manik-manik berbahan kaca dan serpihan-serpihan kaca yang bertuliskan huruf Brahmi.
    Kebudayan Indonesia pada zaman kuno mempunyai fungsi strategis dalam jalur perdagangan antara dua pusat perdagangan kuno, yaitu India dan Cina. Hubungan perdagangan Indonesia-India jauh lebih awal jika dibandingkan dengan hubungan Indonesia-Cina. Dimana hubungan perdagangan Indonesia India telah terjalin sejak awal abad 1 M. Hubungan dagang tersebut kemudian berkembang menjadi proses penyebaran kebudayaan. Penyebaran budaya India tersebut menyebabkan:
    • Tersebarnya agama Hindu-Budha di kalangan masyarakat Indonesia
    • Dikenalnya sistem pemerintahan kerajaan
    • Dikenalnya bahasa Sansekerta dan Huruf Pallawa yang menandai masuknya zaman sejarah bagi masyarakat kepulauan Indonesia
    • Budaya India tersebut meninggalkan pengaruhnya pada kehidupan masyarakat prasejarah Indonesia terutama pada seni ukir, pahat, dan tulisan.
    Kebudayaan India yang memegang peranan penting dalam perkembangan masyarakat prasejarah menjadi masyarakat sejarah.

    3. Jelaskan secara singkat bentuk pengaruh peradaban arab yang berkembang pada masyarakat Indonesia ?

    Pengaruhnya adalah sebagai berikut:
    a. Perdagangan
    Islami melalui perdagangan terjadi pada tahap awal, yaitu sejalan dengan ramainya lalu lintas perdagangan antara abad ke-7 sampai abad ke-16. Pada tahap berikutnya makin banyaklah pedagang Muslim yang datang ke Indonesia yang kemudian membentuk tempat-tempat pemukiman yang disebut Pekojan.
    b. Perkawinan
    Karena pedagang asing yang datang ke Indonesia banyak yang tidak mempunyai istri, maka mereka kebanyakan memilih menikah dengan wanita pribumi. Dengan melalui perkawinan ini lingkungan mereka pun bertambah luas sehingga muncul perkampungan, daerah-daerah, dan kerajaan Islam.
    c. Pendidikan
    Dengan melalui pendidikan ini proses Islamisasi dilakukan oleh Pesantren-pesantren, semakin terkenal Kyai yang mengajar, maka semakin terkenal pula pesantrennya dengan pengaruhnya terhadap masyarakat.
    d. Tasawuf
    Proses Islamisasi yang tidak kalah pentingnya adalah tasawuf, yang berfungsi sebagai pembentuk kehidupan social bangsa Indonesia, dengan melalui tasawuf memudahkan Islam masuk ke orang-orang yang telah mempunyai dasar ke-Tuhanan.
    e. Kesenian
    Kesenian Islam terlihat dengan adanya peninggalan-peninggalan seperti seni bangunan, seni pahat, seni music, seni sastra.
    f. Wali Song
    Proses Islamisasi yang paling terkenal dan penting adalah penyebaran oleh para wali. Ada 9 wali sebagai juru dakwah dan sebagai penyebar serta perintis agama Islam di jawa. Selain itu ada juga yang disebut wali local yaitu yang hanya dikenal di daerah tertentu.

    4. Jelaskan menurut pendapat kalian alasan mengapa peradaban dari luar Indonesia begitu mudah berkembang di Indonesia ?

    Masuknya budaya Barat ke Indonesia disebabkan salah satunya karena adanya krisis globalisasi yang meracuni Indonesia. Pengaruh tersebut berjalan sangat cepat dan menyangkut berbagai bidang kehidupan. Tentu saja pengaruh tersebut akan menghasilkan dampak yang sangat luas pada sistem kebudayaan masyarakat. Begitu cepatnya pengaruh budaya asing tersebut menyebabkan terjadinya goncangan budaya(culture shock), yaitu suatu keadaan dimana masyarakat tidak mamapu menahan berbagai pengaruh kebudayaan yang datang dari luar sehingga terjadi ketidakseimbangan dalam kehidupan masyarakat yang bersangkutan. Adanya penyerapan unsur budaya luar yang di lakukan secara cepat dan tidak melalui suatu proses internalisasi yang mendalam dapat menyebabkan terjadinya ketimpangan antara wujud yang di tampilkan dan nilai-nilai yang menjadi landasannya atau yang biasa disebut ketimpangan budaya.

  14. erika novianti mengatakan:

    1.karena banyak bangsa indonesia yang kurang mempercayai kepercayaan bangsa nya sendiri dan lebih mempercayai kepercayaan dari luar
    2. karena masyarakat india menyebarkan kebudayaan melalui hasil karya sastra, yang
    berbahasa Sansekerta dan Tamil yang berkembang diwilayah Asia Tenggara
    termasuk Indonesia.
    3. pedagang muslim asal Arab yang sampai kepulauan Indonesia untuk berdagang sejak abad
    ke 7 M (abad 1 hijriah), ketika Islam pertama kali perkembang di timur tenggah. Hubungan
    perdagangan ini menjadi hubungan penyebaran Islam di Indonesia.
    sekitar tahun 625 M telah ada sebuah perkampungan arab Islam di pesisr pantai sumatra.Adapun perkembangan selanjutnya, Islam berkembang secara lebih besar pada abad ke 12 M.
    Menurut para sejarawan Islam masuk ke Indonesia melalui beberapa jalur, sehingga dengan
    cepat dapat diterima oleh masyrakat Indonesia
    4.karena peradaban diluar indonesia lebih maju sehingga banyak bangsa indonesia yang mau menerima masuk nya peradaban tersebut

  15. Athaya Rewanda P. mengatakan:

    1. Karena kurang tertariknya orang-orang jaman sekarang dengan kebudayaan asli Indonesia. Mereka lebih tertarik dengan kebudayaan luar dan tidak lagi melestarikan kebudayaan asli Indonesia

    2. Karena orang-orang India menyebarkan kebudayaannya melalui perdagangan dan hasil karya sastra, yang berbahasa Sansekerta dan Tamil yang berkembang di wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia. Masuknya pengaruh budaya India pada berbagai sektor kehidupan masyarakat Indonesia terlihat dengan masyarakat Indonesia yang akhirnya memeluk agama Hindu-Budha serta berdirinya kerajaan-kerajaan di Indonesia yang mendapat pengaruh India.

    3. Islam masuk ke Indonesia dengan jalan damai pada abad ke-7 dan mengalami perkembangannya pada abad ke-13. Sebagai pemegang peranan dalam penyebaran agama islam adalah bangsa Arab, bangsa Persia, dan Gujarat (india). Proses masuk dan berkembangnya Islam ke indonesia pada dasarnya dilakukan dengan melalui beberapa jalur/saluran yaitu melalui perdagangan seperti yang dilakukan oleh pedagang Arab, Persia dan Gujarat.

    4. Karena adanya era globalisasi yang setiap harinya semakin maju dan orang-orang Indonesia banyak yang tertarik dengan kebudayaan luar maka dari itu oarang-orang indonesia mudah menerima dan terpengaruh budaya luar karena kurangnya perhatian dan kesadaran terhadap budayanya sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s