SOAL REMEDIAL SEJARAH PEMINATAN KELAS XI SOS 1,2,3,4 ULANGAN SEMESTER 1 TAHUN 2015

Posted: Desember 12, 2015 in Uncategorized

Petunjuk mengerjakan

a. kerjakan menurut pendapat masing-masing

b. jangan mengcopy jawaban teman

c. tuliskan nama dan kelas dengan lengkap

Pertanyaan:

  1. jelaskan menurut pendapat kalian masing-masing apakah idiologi Demokrasi yang diterapkan di Indonesia sudah tepat bag
Komentar
  1. menurut saya ideologi demokrasi sudah sangat tepat diterapkan diindonesia. Karena, rakyat rakyat terutama rakyat kecil bisa mengutarakan pendapatnya atau kritikkannya terhadap pemerintah indonesia. Contohnya seperti pemungutan suara ketika ada pelaksanaan pemilihan kepala daerah atau presiden, rakyat bisa bebas memilih calon pemimpin negaranya atau daerah dengan adanya demokrasi…

    Sekian terima kasih pak

  2. M.ALFIAN NOOR mengatakan:

    Nama : M.ALFIAN NOOR
    Kelas : XI SOS 1

    Menurut saya, pemberlakuan sistem demokrasi di indonesia sudah tepat, tapi masih memerlukan pembenahan, karena demokrasi adalah sistem kenegaraan yang mengakui bahwa dalam negara itu, kekuasaan tertinggi ada di tangan rakyat. Hal ini menghasilkan sistem yang memungkinkan semua warga bangsa mempunyai kesempatan mewujudkan aspirasinya. Indonesia adalah negara yang sangat rentan akan kerusuhan karena masyarakatnya yang tidak melek politik, sehingga mudah sekali untuk di provokasi. Demikian juga dengan kebebasan pers yang masih disusupi oleh kepentingan berbagai kelompok, sehingga masih sulit untuk memberikan pembelajaran politik kepada masyarakat. Masih banyak yang harus dibenahi oleh indonesia agar dapat menjadi sebuah negara yang demokratis.

    Sekian dan terima kasih.

  3. ferdy mengatakan:

    Kita menggunakan demokrasi pancasila sebagai ideologi sehari hari, tetapi karena pengaruh barat demokrasi pancasilapun mulai berkurang pengaruhnya terhadap negara kita

    NAMA: Ferdy Rahmadhani
    Kelas: Xi SOS 1

  4. M.ALFIAN NOOR mengatakan:

    Nama : M.ALFIAN NOOR
    Kelas : XI SOS 1

    Menurut saya, pemberlakuan sistem demokrasi di Indonesia sudah tepat, tapi masih memerlukan pembenahan, karena demokrasi adalah sistem kenegaraan yang mengakui bahwa dalam negara itu, kekuasaan tertinggi ada di tangan rakyat. Hal ini menghasilkan sistem yang memungkinkan semua warga bangsa mempunyai kesempatan mewujudkan aspirasinya. Indonesia adalah negara yang sangat rentan akan kerusuhan karena masyarakatnya yang tidak melek politik, sehingga mudah sekali untuk di provokasi. Demikian juga dengan kebebasan pers yang masih disusupi oleh kepentingan berbagai kelompok, sehingga masih sulit untuk memberikan pembelajaran politik kepada masyarakat. Masih banyak yang harus di benahi oleh indonesia agar dapat menjadi sebuah negara yang demokratis.

    Sekian dan terima kasih.

  5. daniwahyudi12 mengatakan:

    Ideologi demokrasi memang sudah tepat untuk indonesia, tetapi masih banyak pendapat rakyat yang tidak didengar pemerintah oleh karena itu kesadaran pihak pemerintah harus ditingkatkan lagi.
    Dani wahyudi
    XI SOS 1

  6. M ALFIAN NOOR mengatakan:

    Nama : M.ALFIAN NOOR
    Kelas : XI SOS 1

    Menurut saya, pemberlakuan sistem demokrasi di Indonesia sudah tepat, tapi masih memerlukan pembenahan, karena demokrasi adalah sistem kenegaraan yang mengakui bahwa dalam negara itu, kekuasaan tertinggi ada di tangan rakyat. Hal ini menghasilkan sistem yang memungkinkan semua warga bangsa mempunyai kesempatan mewujudkan aspirasinya. Indomesia adalah negara yang sangat rentan akan kerusuhan karena masyarakatnya yang tidak melek politik, sehingga mudah sekali untuk di provokasi. Demikian juga dengan kebebasan pers yang masih disusupi oleh kepentingan berbagai kelompok, sehingga masih sulit untuk memberikan pembelajaran politik kepada masyarakat. Masih banyak yang harus di benahi oleh Indonesia agar dapat menjadi sebuah negara yang demokratis.

    Sekian dan terima kasih.

  7. Dani wahyudi mengatakan:

    Ideologi demokrasi memang sudah tepat untuk di terapkan di indonesia, tetapi masih banyak pendapat rakyat yang tidak di dengar oleh karena itu kesadaran pihak pemerintah harus lebih di tingkatkan lagi. DANI WAHYUDI Kelas : XI SOS 1

  8. Muhammad Akhyar Ilyas mengatakan:

    iya demokrasi di indonesia kurang tepat, tapi demokrasi indonesia banyak mementingkan pemerintah daripada rakyat jelata dan rakyat pun meminta kepada pemerintah untuk menjadikan rakyat menjadi baik dan berguna untuk bangsa indonesia. dan negara kita banyak tepengaruh budaya – budaya luar seperti, baju, musik, makanan, minuman. oleh karena itu negara kita harus bersyukur dengan apa yang sudah ada di negara kita ini.

    Nama:Muhammad Akhyar Ilyas
    Kelas:XI SOS 4

  9. Muhammad Akhyar Ilyas mengatakan:

    iya demokrasi di indonesia kurang tepat, tapi demokrasi indonesia banyak mementingkan pemerintah daripada rakyat jelata dan rakyat pun meminta kepada pemerintah untuk menjadikan rakyat menjadi baik dan berguna untuk bangsa indonesia. dan negara kita banyak tepengaruh budaya – budaya luar seperti, baju, musik, makanan, minuman. oleh karena itu negara kita harus bersyukur dengan apa yang sudah ada di negara kita ini.

  10. Valentino adis pamunkas mengatakan:

    Nama: VALENTINO ADIS PAMUNKAS
    kelas : XI SOS 2

    Menurut saya ideologi demokrasi sudah sangat tepat untuk negara kita indonesia karena rakyat rakyat terutama rakyat kecil bisa mengutarakan pendapatnya atau kritikkannya kepada kinerja pemerintah yang kurang optimal. Contohnya seperti pemungtan suara ketika ada pemilihan kepala daerah atau presiden, dengar demokrasi masyarakat menjadi bebas memilih siapa pemimpin yang bagus untuk daerahnya.

    Sekian terima kasih pak (ulun meulangi karena tetinggal kelas nyaa diatas pa ai :v)

  11. Muhammad Taher mengatakan:

    Nama :Muhammad Takhir
    Kelas : XI SOS 1

    menurut pendapat saya,sistem ideologi demokrasi kurang tepat dinegara indonesia karena pemerintah masih kurang mendengarkan pendapat dari rakyat-rakyat kecil ,padahal pengertian demokrasi adalah mengizinkan warga negara berpartisipasi baik secara langsung maupun dengan perwakilan dalam perumusan, pengembangan,dan pembuatan hukum.

    sekian terimakasih , sampai ketemu lagi..

    • Arya ersady mengatakan:

      NAMA:M.Arya Ersady
      KELAS:Xl SOS 1

      Menurut saya ideologi demokrasi memang tepat untuk di terapkan di indonesia karena dalam kegiatan demokrasi orang orang bisa mengeluarkan pendapat nya.

  12. Ainuna mengatakan:

    NAMA: AINUNA
    KELAS: IX SOS4

    Menurut pendapat saya, penerapan IDEOLOGI DEMOKRASI yang ada di Indonesia Sudah tepat. Namun, masyarakat Indonesia kadang kurang melakukan nya.
    Contohnya Seperti : Golput pada pemilu.

  13. Namira Salsabila mengatakan:

    Nama: NAMIRA SALSABILA
    Kelas: XI SOS 2

    Indonesia adalah negara Demokrasi. Tetapi, di berbagai tempat yang bisa kita jumpai atau kita lihat, masih banyak perilaku yang tidak demokrasi. Seperti misalnya tidak mematuhi aturan yg sudah ditetapkan, bertindak semaunya, dan tidak menghargai perbedaan yang ada. Sering kita lihat, banyak masyarakat yang mengeluh gara gara perbuatan pemerintah yg menyalah gunakan kekuasaan nya yg telah diamanahkan rakyat kepada mereka semua. Menurut saya ideologi demokrasi di indonesia perlu di perbaiki perlu di tingkatkan lagi. Karna belum berjalan dengan baik. Masik banyak yg harus di ubah agar demokrasi berjalan dgn baik dan sempurna.
    sekian & terima kasih

  14. Nama:Duwi Erwinda Maulana Kelas:Xl sos 2 mengatakan:

    Askum pa.menurut saya ideologi demokrasi fi negara indonesia tepat nya di negara kita sudh sangat tepat kerena di negara indonesia menganut dua macam demokrasi yaitu: demokrasi langsung dan demokrasi perwakilan.di indonesia banyak lembaga-lembaga pemilihan umum.ada nya pers.jadi ideologi di indonesia negara kita sudh sangat tepat .karena negara kita sudah menganut syarat” negara ideologi demokrasi itu . Ini saja yg bisa saya jawab pa salah kalimat saya mnta maaf askum pa

  15. Duwi Erwinda M mengatakan:

    Nama: DUWI ERWINDA MAULANA
    Kelas: XI SOS 2

    menurut saya ideologi demokrasi di negara indonesia tepat nya di negara kita sudh sangat tepat kerena di negara indonesia menganut dua macam demokrasi yaitu: demokrasi langsung dan demokrasi perwakilan.di indonesia banyak lembaga-lembaga pemilihan umum.ada nya pers.jadi ideologi di indonesia negara kita sudh sangat tepat .karena negara kita sudah menganut syarat” negara ideologi demokrasi itu . Ini saja yg bisa saya jawab pa salah kalimat saya mnta maaf assalamualaikum pa

  16. Abdul Rahman mengatakan:

    Nama : Abdul Rahman
    Kelas : XI SOS 1

    Menurut saya penerapan ideologi demokrasi sudah sangat tepat karena sesuai dengan keadaan masyarakat indonesia yang memiliki beragam pemikiran , namun rakyat indonesia saat ini perlu diberikan banyak pengarahan agar tidak salah menggunakan hak nya dalam memberikan suara. Banyak hal yang perlu diberlakukan pada negeri demokrasi ini agar orang orang yang mempunyai hak tidak hanya menggunakan hak nya tersebut tapi juga memikirkan timbal balik serta kekurangan dan kelebihan dari segala hal yang telah ia kemukakan. Begitu pula dalam mengutarakan sebuah aspirasi, diharapkan setiap warga negara tahu betul apa yang telah ia utarakan sehingga ideologi demokrasi ini tidak hanya menjadi sebuah ideologi tanpa arti yang bisa saja disalah artikan oleh orang orang yang merasa berhak atas segala hal yang tersusun dalam negeri ini sesuai dengan ideologi demokrasi yang dewasa ini telah diterapkan.

    Bedanya dengan ideologi pancasila, ideologi ini lebih memihak pada rakyat banyak karena pengaruh lingkungan sosial yang mengutamakan kepentingan bersama. Namun ideologi pancasila yang tadinya dibuat sesuai dengan keadaan rakyat indonesia yang beragam tidak lagi diacuhkan dengan adanya ideologi yang membuat banyak orang yang beranggapan bahwa ideologi demokrasi lebih baik karena dianggap relevan dengan kehidupan sekarang. Dominasi orang yang lebih memilih untuk menggunakan ideologi demokrasi adalah orang orang yang lupa tentang penting nya ideologi pancasila dalam pembentukan negeri ini.

    Itu saja pendapat saya. Terima kasih.

  17. Abdul Rahman mengatakan:

    Nama : Abdul Rahman
    Kelas : XI SOS 1

    Menurut saya penerapan ideologi demokrasi sudah sangat tepat karena sesuai dengan keadaan masyarakat indonesia yang memiliki beragam pemikiran , namun rakyat indonesia saat ini perlu diberikan banyak pengarahan agar tidak salah menggunakan hak nya dalam memberikan suara. Banyak hal yang perlu diberlakukan pada negeri demokrasi ini agar orang orang yang mempunyai hak tidak hanya menggunakan hak nya tersebut tapi juga memikirkan timbal balik serta kekurangan dan kelebihan dari segala hal yang telah ia kemukakan. Begitu pula dalam mengutarakan sebuah aspirasi, diharapkan setiap warga negara tahu betul apa yang telah ia utarakan sehingga ideologi demokrasi ini tidak hanya menjadi sebuah ideologi tanpa arti yang bisa saja disalah artikan oleh orang orang yang merasa berhak atas segala hal yang tersusun dalam negeri ini sesuai dengan ideologi demokrasi yang dewasa ini telah diterapkan.

    Bedanya dengan ideologi pancasila, ideologi ini lebih memihak pada rakyat banyak karena pengaruh lingkungan sosial yang mengutamakan kepentingan bersama. Namun ideologi pancasila yang tadinya dibuat sesuai dengan keadaan rakyat indonesia yang beragam tidak lagi diacuhkan dengan adanya ideologi yang membuat banyak orang yang beranggapan bahwa ideologi demokrasi lebih baik karena dianggap relevan dengan kehidupan sekarang. Dominasi orang yang lebih memilih untuk menggunakan ideologi demokrasi adalah orang orang yang lupa tentang penting nya ideologi pancasila dalam pembentukan negeri ini.

    Itu saja pendapat saya. Terima kasih.

  18. Erika mengatakan:

    Nama: Erika Novianti
    Kelas: XI sos 1

    Menurut saya ideology demokrasi sudah sangat tepat menjadi ideology bangsa Indonesia, karena demokrasi sendiri berarti “dari rakyat, untuk rakyat, dan oleh rakyat”. Bangsa Indonesia sendiri merupakan bangsa yang besar dan terdiri dari berbagai ras, suku, agama, budaya, dan kelompok. Oleh karena itu dengan ideology demokrasi, rakyat Indonesia menjadi bisa berpartisipasi secara langsung maupun tidak langsung dalam penyelenggaraan politik di Indonesia. Rakyat Indonesia juga memiliki persamaan hak dalam segala bidang, mendapatkan kebebasan, kemerdekaan, dan pengakuan dalam aspek suku, ras, agama, budaya, dan kelompok. Juga dengan ideology demokrasi ini, Indonesia memiliki sebuah sistem lembaga peradilan sebagai penegak hukum dan memiliki pers sebagai pembawa informasi&kontrol bagi pemerintah.

  19. Alfiannoor mengatakan:

    Nama:alfiannoor
    Kelas:XI SOS 4

    Menurut saya kurang tepat,karena masih banyak warga negara Indonesia yang hak-hak nya belum terpenuhi dengan baik, sebagai contoh : hak untuk tinggal yang layak, dan hak untuk mendapatkan pendidikan, karena pendidikan di daerah terpencil masih terbilang minim fasilitas,,,,

  20. Angy Indah Noviani mengatakan:

    Nama:Angy Indah Noviani
    Kelas: XI SOS 2

    Menurut saya sistem demokrasi di Indonesi kurang tepat atau belum sepenuhnya karena pemerintahan kurang mendengarkan pendapat masyarakat kecil pemerintah lebih mendengarkan pendapat di dalam dan masyarakat yang berkedudukan besar dan demokrasi sekarang tidak dilandasi dengan kejujuran contohnya seperti saat pemilihan suara banyaknya calon yang bertanding tanding ingin menjajikn kepada rakyat dan memberikan uang barang dll agar bisa dipilih oleh rakyat maka dari itu demokrasi di Indonesia sangat belum tepat.

  21. Nama:Afriliana Wijaya Ningsih
    Kelas: XI SOS 1

    Menurut saya demokrasi di Indonesia sudah tepat dengan adanya demokrasi rakyat dapat bebas menentukan hak pilih mereka siapa yang jadi pemimpin mereka nantinya . Tapi terkadang di Negara kita ini terjadi kecurangan-kecurangan seperti money politics sehingga menjadikan rakyat terpaksa untuk memilih peserta pemilu yang melakukan money politics ( politik uang ) karna itulah mereka tidak bebas memlih sesuai keinginan mereka .

  22. Akbar Maulana Azhari mengatakan:

    Kelas : XI – Sos – 2
    Menurut saya pelaksanaan demokrasi yg ada di Indonesia belum berjalan dengan optimal.Contoh seperti Pilkada serentak yg baru di laksanakan pada tanggal 9 desember kemaren masih banyak calon gebernur dan wakilnya memberikan uang atau yg sering juga disebut dengan money politics ( politik uang ) kepada masyarakat untuk memilih diri nya

  23. Akbar Maulana Azhari mengatakan:

    Kelas : XI – Sos – 2
    Menurut saya pelaksanaan demokrasi yg ada di Indonesia belum berjalan dengan optimal.Contoh seperti Pilkada serentak yg baru di laksanakan pada tanggal 9 desember kemaren masih banyak calon gebernur dan wakilnya memberikan uang atau yg sering juga disebut dengan money politics ( politik uang ) kepada masyarakat untuk memilih diri nya

  24. Rr.Tasya Cristanti mengatakan:

    Nama: Rr. Tasya Cristanti Gita.R
    Kelas: XI SOS 1

    Menurut saya, Ideologi Demokrasi di Indonesia sudah tepat. Karena semua warga negara memiliki hak serta dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Demokrasi mengizinkan warga negara untuk berpatisipasi (baik secara langsung atau melalui perwakilan). Demokrasi mencakup kondisi sosial, ekonomi, dan budaya yang memungkinkan adanya praktik kebebasan politik secara bebas & setara.

  25. Rr. Tasya Cristanti mengatakan:

    Nama: Rr. Tasya Cristanti Gita.R
    Kelas: XI SOS 1

    Menurut saya, ideologi demokrasi di Indonesia sudah tepat. Karena semua warga negara memiliki hak serta dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Demokrasi mengizinkan warga negara untuk berpartisipasi (baik secara langsung atau melalui perwakilan). Demokrasi mencakup kondisi sosial, ekonomi, dan budaya yang memungkinkan adanya praktik kebebasan politik secara bebas & setara.

  26. Rizki zidan mengatakan:

    Nama:Rizki Zidan Supriadi
    Kelas: XI Sos 2

    Menurut saya pelaksanaan demokrasi di indonesia sdh tepat karena sebagai sarana pemersatu masyarakat, sehingga dapat dijadikan prosedur penyelesaian konflik, dapat kita telusuri dari gagasan para pendiri negara Indonesia tentang pentingnya mencari nilai-nilai bersama yang dapat mempersatukan berbagai golongan masyarakat di Indonesia

  27. Nama : Dinda Saphira mengatakan:

    Nama : Dinda Saphira
    Kelas : XI sos 4

    Menurut Saya sudah tepat, namun ada beberapa bagian masih kurang tepat dan harus di benahi. Soalnya dari definisi demokrasi adalah kekuasaan melalui dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat, akan tetapi demokrasi yang dijalankan Indonesia masih kurang memuaskan. Dalam artian terakhir yang dapat kita lihat, contohnya dalam aspek perekonomian. Masih ada yang kurang bisa atau kurang mampu untuk memenuhi kehidupan. Seharusnya dalam artian untuk rakyat, pemerintah bisa membantu rakyat atau memberi solusi supaya dapat memenuhi kehidupan rakyat tersebut.
    Sekian & Trimakasih🙂

  28. eko hadijoyo mengatakan:

    Ide atau gagasan dlm bentuk pemerintahan yg semua warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yg dapat merubah hidup mereka

  29. Lisa mengatakan:

    Nama : Lisa Marliana
    Kelas : XI-SOS 2

    Menurut saya, ideologi demokrasi bagi Indonesia sebenarnya sudah sangat tepat, berhubung Indonesia adalah negara yang menjunjung tinggi nilai persatuan dan keadilan. Namun itu bukan berarti bahwa demokrasi sudah terlaksana dengan baik di Indonesia ini.

    Karena terkadang suara rakyat masih belum didengar sepenuhnya oleh pemerintah, dan hal itu menyebabkan para rakyat pun kehilangan rasa kepercayaan mereka terhadap pemerintah. Sehingga hal itu juga berimbas pada pelaksaan pemilu, contohnya pada pilkada serentak pada 9 Desember lalu, di mana ada segelintir masyarakat yang hanya mau menyoblos jika mereka menerima “serangan fajar” yang dilakukan oleh para calon gubernur/ calon walikota.

    Ketika saya bertanya apa alasannya kepada mereka, ada yang menjawab, “Orang di daerah lain dapat, masa’ kami gak dapat? Trus kami harus nyoblos juga gitu?” Lalu, “Kalo dibilang yang enggak nyuap itu gak bakal korupsi, ya mana mungkin? Yang gak nyuap aja masih bisa terlibat kasus! Mending dapat duit, ya terserah aja lagi dia mau ngapain kek ntar.”

    Saya sebenarnya agak miris dengan kenyataan itu. Tapi harapan saya, semoga pemerintah segera menyadari kesalahan mereka selama ini dan bisa lebih memperhatikan aspirasi rakyat, agar fenomena-fenomena seperti ini tidak lagi terjadi nanti. Dan supaya penerapan ideologi demokrasi ini bisa berjalan lebih baik lagi.

    Sekian jawaban dari saya. Mohon maaf jika kepanjangan dan terlalu banyak kata-kata yang tidak penting. Terima kasih.

  30. Dinda Saphira mengatakan:

    Nama : Dinda Saphira
    Kelas : XI sos 4

    Menurut pendapat Saya, sudah tepat namun ada beberapa bagian yang masih harus di benahi. Dalam definisi demokrasi adalah kekuasaan melalui rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat, akan tetapi demokrasi yang di jalankan di Indonesia masih kurang memuaskan atau minim tindakan, yang dalam artian terakhir dikatakan untuk rakyat. Dapat kita lihat contohnya dalam aspek perekonomian,masih ada sebagian rakyat yang kurang mampu untuk memenuhi kehidupannya. Seharusnya dalam artian rakyat, pemerintah bisa membantu rakyat atau memberikan solusi agar rakyat tersebut dapat memenuhi kehidupannya.
    Sekian & Trimakasih.

  31. Lindanorain mengatakan:

    Menurut saya ideologi demokrasi belum tepat diterapkan diindonesia karena rakyat masih perlu diberikan arahan dalam memilih agar bisa jujur dan tidak salah memilih

    Nama: Linda Nor Ain
    kelas XI SOS1

  32. Reskia azzahra XI sos 2 mengatakan:

    Menurut saya ideologi demokrasi sudah tepat dari rakyat besar dan rakyat kecil bisa menyampaikan pendapat nya walaupun tidak semua pendapat yg bagus dapat ditanggapi oleh pemerintah

  33. nanda mengatakan:

    Nama : Riski emmilia ananda
    Kelas XI SOS 2

    Menurut saya idiologi demokrasi yang di terapkan di indonesia belum tepat karena demokrasi kan artinya dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat , sedangkan masih banyak para pejabat melalukan korupsi dari uang rakyat terus rakyat tidak mendapatkan hak nya jika masih ada para koruptor buat apa demokrasi di terapkan di indonesia , menurut saya belum tepat idiologi demokrasi yang ada di indonesia
    Terimakasih
    Maaf kalau ada salah kata – kata pak

  34. tri wahyu aji saputa mengatakan:

    menurut pendapat saya, penerapan ideologi demokrasi diindonesia sdh tepat krna rakyat bisa mngutarakan pendapat ny masing2 namun kendala nya pda pemerintah yg kurang mendengarkan pndpat aspirasi rakyat.
    contoh: rakyat timur/papua.

  35. Dinda Ashya mengatakan:

    Nama : Dinda Ashya A.L.P
    Kelas : XI-SOS 2

    Menurut saya, penerapan ideologi demokrasi di Indonesia sudah cukup baik. Namun, masih banyak kekurangan-kekurangan serta penyimpangan-penyimpangan dalam penyelenggaraan negara yang demokratis. Tapi sebenarnya yang paling cocok untuk Bangsa Indonesia adalah demokrasi karena sesuai dengan nilai-nilai luhur yang berada di masyarakat Indonesia, yaitu Pancasila, sehingga demokrasi di Indonesia harus terus diperjuangkan.

  36. intan Prasetyawati mengatakan:

    Nama: Intan Prasetyawati
    Kelas: XI SOS 2

    Menurut saya , indonesia menganut idiologi demokrasi yang memusatkan kedaulatannya pada kedaulatan rakyat , dan rakyat memiliki suatu peran yang konkrit didalam pemerintahan indonesia. Demokrasi diindonesia dikenal dengan nama demokrasi pancasila yang memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan demokrasi secara umum.

  37. tri wahyu aji saputra (xi sos 1) mengatakan:

    menurut pendapat saya,penerapan ideolgi demokrasi diindonesia sdh tepat krna rakyat bisa mengutarakan pendapat ny masing2,namun kendala ny msih bnyk pemerintah yg kurang mendengarkan aspirasi2 rakyat.
    contoh: dipapua

  38. Gusti Arya R.M. mengatakan:

    Kelas : XI-SOS 2

    Menurut saya, penerapan ideologi demokrasi pada bangsa indonesia sudah tepat, dan juga sudah cukup baik. Hanya saja perlu diperbaiki lagi kinerja pemerintah dalam pelaksanaannya yaitu dengan lebih memperhatikan kebutuhan dan keinginan rakyat, dan para rakyat juga harus mendukungnya dengan turut membantu dalam pembangunan bangsa.

  39. Muhammad Amrullah kelas XI sos1 mengatakan:

    Menurut saya ideologi demokrasi di indonesia perlu di benahi lagi,karena kurangnya perhatian pemerintah pada rakyat jelata.
    Sekian terima kasih pak

  40. Nama: Muhammad Nazar
    Kelas: XI SOS 2

    Menurut saya ideologi demokrasi yg diterapkan masih belum tepat karena sebagian rakyat Indonesia masih belum paham apa artinya demokrasi, seperti terjadinya kejahatan korupsi, Golongan putih, dan lain-lain.

  41. Firman Hambali mengatakan:

    Nama: Firman Hambali
    Kelas: XI SOS 1

    Menurut saya ideologi demokrasi cocok diterapkan di indonesia karena ideologi tersbut sesuai dg pancasila dan UUD1945 tetapi penerapannya belum tepat karena didalam perjalnannya masih banyak yg harus diperbaiki ini disebabkan masyarakat indonesia masih banyak belum paham apa itu arti demokrasi

  42. Muhammad Therama Arezna Maulana mengatakan:

    Nama:Muhammad Therama Arezna Maulana
    Kelas: XI SOS 1

    Menurut pendapat saya,negara kita Republik Indonesia adalah negara demokrasi. Akan tetapi dalam kehidupan sehari-hari masih sering kita temui perilaku yang tidak demokratis, misalnya berupa tindakan sewenang-wenang, tidak menghargai perbedaan, tidak mematuhi aturan atau kesepakatan yang telah diputuskan. Tetapi, ideologi demokrasi memang tepat untuk di lakukan di negara kita indonesia karena dalam kegiatan demokrasi kita bisa mengeluarkan pendapat kita masing-masing.

    Sekian dari saya dan terima kasih.

  43. Indra Adrian mengatakan:

    Nama: Indra Adrian
    Kelas: XI-SOS 2

    Menurur saya idiologi demokrasi sudah tepat untuk indonesia karena rakyat-rakyat indonesia dapat mengutarakan pendapatnya masing-masing ke pemerintahan terhadap masalah-masalah baik maupun buruk yang terjadi di kotanya ataupun negaranya secara bebas, semua warga indonesia mempunyai kesempatan mewujudkan aspirasinya, tetapi masih banyak yang harus di benahi di negeri tercinta kita ini.

    Sekian dari saya murid paling teladan, Sekian terima kasih Pak.

  44. Muhammad Therama Arezna Maulana mengatakan:

    Nama:Muhammad Therama Arezna Maulana
    Kelas:XI SOS 1

    Menurut saya,negara kita Republik Indonesia adalah negara demokrasi. Akan tetapi dalam kehidupan sehari-hari masih sering kita temui perilaku yang tidak demokratis, misalnya berupa tindakan sewenang-wenang, tidak menghargai perbedaan, tidak mematuhi aturan atau kesepakatan yang telah diputuskan. Tetapi ideologi demokrasi memang tepat untuk di lakukan di negara kita indonesia karena dalam kegiatan demokrasi kita bisa mengeluarkan pendapat kita masing-masing.

    Sekian dari saya dan terima kasih.

  45. Al basyita Nazwani mengatakan:

    nama : Al basyita nazwani
    kelas : XI SOS 1

    idiologi demokrasi adalah bentuk pemerintah yang semua hak setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. jadi menurut saya idiologi demokrasi yang di terapkan di indonesia sudah tepat. karena, dengan begitu rakyat indonesia dapat leluasa mengerluarkan pendapat mereka masing-masing, terutama untuk rakyat-rakyat kecil mereka berhak untuk mengajukan suara/pendapat mereka masing-masing demi mengubah kehidupan mereka. contoh nya pemilu yang di adakan pemerintah lima tahun sekali.

  46. al basyita nazwani mengatakan:

    idiologi demokrasi adalah bentuk pemerintah yang semua hak setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. jadi menurut saya idiologi demokrasi yang di terapkan di indonesia sudah tepat. karena, dengan begitu rakyat indonesia dapat leluasa mengerluarkan pendapat mereka masing-masing, terutama untuk rakyat-rakyat kecil mereka berhak untuk mengajukan suara/pendapat mereka masing-masing demi mengubah kehidupan mereka. contoh nya pemilu yang di selenggarakan pemerintah setiap lima tahun sekali, pemilihan camat, walikota,dll. dengan demokrasi indonesia menjadi lebih adil.

  47. Dhevi Mardhatillah mengatakan:

    Nama : Dhevi Mardhatillah
    Kelas : XI SOS 1

    Menurut saya Ideologi Demokrasi tepat diterapkan di indonesia karena demokrasi merupakan pemerintahan yang semua warga negaranya mempunyai hak yang setara dalam mengambil keputusan mereka. Jadi, rakyat mendapatkan hak yang sama antara satu sama lain tanpa memandang status sosialnya.
    Hanya saja sistem demokrasi di Indonesia perlu dibenahi supaya Indonesia menjadi sebuah negara yang demokrasi.

  48. Rizqa Nur F. mengatakan:

    Nama : Rizqa Nur Fadjeria
    Kelas : XI SOS 2

    Menurut saya sudah tepat, Karena dengan adanya ideologi demokrasi kita bisa mengeluarkan pendapat kita khususnya bagi rakyat-rakyat kecil yang membutuhkan perhatian pemerintah. Tetapi di daerah-daerah tertentu pemerintah kurang peka dan pendapat mereka sering terabaikan. Jadi diharapkan pemerintah lebih memperhatikan lagi pendapat mereka untuk kesejahteraan rakyatnya. Lalu dengan adanya ideologi demokrasi kita juga mempunyai hak sebagai warga indonesia dalam hal nya memilih calon pemerintah.

  49. RIANA ARISANTI mengatakan:

    Menurut saya ideologi demokrasi sudah tepat di indonesia karena dengan ideologi ini semua masyarakat dapat mengeluarkan pendapatnya . Serta bebas memilih kepala pemerintah

    NAMA : RIANA ARISANTI
    KELAS : XI SOS 1

  50. KHOFIFAH RAHMAH mengatakan:

    NAMA : khofifah rahmah
    KELAS : XI sos 1
    komentar :
    menurut saya idiologi demokrasi di indonesia sudah sangat tepat karena dengan itu rakyat kecil bisa memberikan pendapatnya .

  51. Muhammad Bairoby mengatakan:

    Menurut saya masih belum tepat, dikarenakan ke pemerintahan indonesia nya masih kurang membantu untuk rakyat indonesia, padahal dalam artian ideologi demokrasi adalah kekuasaan dari rakyat , oleh rakyat, untuk rakyat yang belum dijalan kan dengan benar dilihat dari kekuasaan nya tidak semua berada ditangan rakyat masih banyak campur tangan dari pemerintah tanpa persetujuan rakyat

  52. sheva yunita mengatakan:

    nama: sheva yunita
    kelas: XI sos 1

    menurut saya demokrasi di indonesia sudah tepat karena demokrasi merupakan bentuk pemerintahan politik yang kekuasaan pemerintahannya berasal dari rakyat, baik secara langsung atau melalui perwakilan. kehidupan masyarakat yang demokratis, dimana kekuasaan Negara berada di tangan rakyat dan dilakukan dengan sistem perwakilan, dan adanya peran aktif masyarakat dapat memberikan manfaat bagi perkembangan bangsa, Negara, dan masyarakat.

  53. Athaya Rewanda P. mengatakan:

    Nama: Athaya Rewanda P.
    Kelas; XI sos 1

    Menurut saya sudah tepat dan baik. Tetapi ada beberapa yang harus dibenahi karena masih banyak permasalahan yang terjadi di Indonesia seperti korupsi dan masalah2 lainnya dan kurang didengarnya suara rakyat kecil oleh pemerintah.

  54. RessaSuhardimanS mengatakan:

    Menurut saya sendiri setuju Ideologi Demokrasi diIndonesia karena kekuasaan tertinggi milik rakyat , seperti ungkapan Abraham Lincoln “Dari Rakyat , Oleh Rakyat , Untuk Rakyat”. Tetapi untuk sekarang ini penerapan Ideologi Demokrasi diIndonesia mulai memudar karena sudah jarang saya menemukan keadilan bagi rakyat.

  55. RessaSuhardimanS mengatakan:

    Menurut saya sendiri setuju Ideologi Demokrasi diIndonesia karena kekuasaan tertinggi milik rakyat , seperti ungkapan Abraham Lincoln “Dari Rakyat , Oleh Rakyat , Untuk Rakyat”. Tetapi untuk sekarang ini penerapan Ideologi Demokrasi diIndonesia mulai memudar karena sudah jarang saya menemukan keadilan bagi rakyat.

    Nama : Ressa Suhardiman Said
    XI – SOS – 1

  56. MJordanSulaiman mengatakan:

    Menurut saya, pengertian demokrasi adalah mengizinkan warga negara berpartisipasi baik secara lngsung maupun dngn perwakilan dalam perumusan, pengembangan,dan pembuatan hukum.

    M.JORDAN SULAIMAN
    XI SOS 1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s