SOAL REMEDIAL SEJARAH PEMINATAN KELAS XII SOS 5 UAS 1 TAHUN 2015

Posted: Desember 12, 2015 in Uncategorized

Petunjuk mengerjakan
a. Kerjakan menurut pendapat masing-masing
b. Jangan mengcopy jawaban teman
c. Cantumkan nama dan kelas
d. Jawaban selambat lambatnya sampai tgl. 14 Desember 2014

Pertanyaan
1. Jelaskan menurut pendapat kalian bahwa kemerdekaan Indonesia bukanlah pemberian Jepang,melainkan hasil usaha Bangsa Indonesia sendiri?

Komentar
  1. Agusrivaldo XII SOS5 mengatakan:

    Indonesia belum merdeka. Penjajahan masih terjadi dimana-mana, banyak pahlawan gugur. Setiap kerajaan yang ada di Indonesia telah memberikan perlawanan sengit untuk meraih kemerdekaan.

  2. Yarlikhaya Hamza mengatakan:

    Nama:Yarlikhaya Hamza
    Kelas:XII sos 5 (KKO)
    Masa pendudukan Jepang dimulai pada tahun 1942 dan berakhir pada 17 agustus 1945.Pada tahun 1944 kedudukan Jepang semakin terdesak oleh sekutu, sehingga pada tanggal 7 September 1944 Perdana Menteri Jepang Jenderal Koiso memberi janji kemerdekaan kepada Indonesia
    Pada tanggal 6 Agustus 1945, Kota Hirosima dijatuhi bom atom oleh Sekutu, tiga hari kemudian tepatnya tanggal 9 Agustus 1945 Kota Nagasaki juga dijatuhi bom atom. Marsekal Terauci selaku panglima tentara Jepang  di Asia Tenggara memanggil Ir. Soekarno,  Drs. Mohamad Hatta, dan Dr. Radjiman Wediodiningrat(pimpinan BPUPKI) agar datang ke Markas besarnya di Dalath( Vietnam). Rombongan Ir. Soekarno, Drs. Moh Hatta dan Dr. Radjiman Widiodiningrat  berangkat dari indonesia menuju Vietnam, sedangkan pertemuan dengan Marsekal Terauci berlangsung pada tanggal 12 Agustus 1945.
    ( Bukti 1)
    Dalam pertemuan itu Marsekal Terauci memutuskan bahwa Jepang akan memberikan Kemerdekaan kepada bangsa Indonesia dan kemerdekaan itu akan diumumkan jika persiapan sudah selesai. Setelah mendengarkan penjelasan  tersebut, rombongan Ir. Soekarno kembali ke Jakarta pada tanggal 14 Agustus 1945.
    (Bukti 2)
    Sore hari pada tanggal 15 Agustus 1945, Subandio Sastrosatomo dan Subianto menemui Drs. Moh. Hatta supaya mencegah PPKI mengumumkan kemerdekaan dengan alasan jika PPKI mengumumkan kemerdekaan berarti kemerdekaan tersebut adalah hadiah dari Jepang bukan dari Pejuangan Bangsa Indonesia
     (Bukti 3)
    Pada tanggal 16 Agustus 1945, Soekarno dan Moh.Hatta dibawa pemuda ke Renglasdengklok pada pukul 04.00 yang bertujuan untuk menjauhkan kedua tokoh tersebut dari tekanan dan pengaruh Jepang. Latar belakang penculikan tersebut karena perbedaan  pendapat antara kehendak golongan nasionalis pemuda dan golongan nasionalis tua. Malam harinya Soekarno dan Moh.Hatta tiba kembali di Jakarta pada pukul 23.00 WIB
    Sekembalinya Ir. Soekarno dan Muh. Hatta ke Jakarta,  golongan muda dan golongan tua menyusunan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang  berlangsung pukul 02.00 – 04.00 dini hari.
    Pagi harinya, 17 Agustus 1945, di kediaman Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur 56 telah hadir antara lain Soewirjo, Wilopo, Gafar Pringgodigdo, Tabrani dan Trimurti. Acara dimulai pada pukul 10:00 dengan pembacaan proklamasi oleh Soekarno dan disambung pidato singkat tanpa teks. Kemudian bendera Merah Putih, yang telah dijahit oleh bu Fatmawati, dikibarkan, disusul dengan sambutan oleh Soewirjo, wakil walikota Jakarta saat itu dan Moewardi, pimpinan Barisan Pelopor.
    (Bukti 4)
    Proklamasi Kemerdekaan telah dikumandangkan oleh Bung Karno didampingi oleh Bung Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945. Sebagai negara yang baru memproklamasikan kemerdekaan, Indonesia mendapat simpati dari bangsa-bangsa di dunia. Hal ini tampak dari adanya pengakuan negara lain terhadap Proklamasi 17 Agustus 1945.Jadi kemerdekaan indonesia bukan lh hadiah dari jepang,melainkan dari perjuangan rakyat indonesia sendiri.

  3. Bambang permadi mengatakan:

    Nama :Bambang Permadi
    Kelas: XII-sos 5 (kko)
    Menurut pendapat saya kemerdekaan indonesia bukan lah hadiah dari jepang melainkan hasil usaha bangsa indonesia sendiri ialah akibat dari jatuh nya bom atom di hirosima dan genosida maka pemerintah jepang menarik kembali tentara tentara mereka yg ada di indonesia hal itu menyebab kan kekosongan kekuasaan di indonesia maka hal ini lah yg disempat kan para pemuda indonesia untuk memproklamasi kan kemerdekaan indonesia selain itu setelah terjadi nya perbedaan pendapat antara golongan tua dan golongan muda ir.soekarno menemui kementrian jepang yg ada di indonesia ir.soekarno meminta janji jepang untuk memerdekaan indonesia namun ditolak secara baik oleh jepang dan juga terlihat dari terjaga ketat nya lapangan yg akan digunakan bangsa indonesia untuk memproklamasi kan kemerdekaan nya dijaga ketat oleh tentara tentara belanda sehingga bangsa indonesia tidak bisa memasuki lapangan tersebut sehingga pembacaan proklamasi di laksanakan di halaman rumah ir.soekarno hal hal itu lah yg menyebabkan bahwa kemerdekaan indonesia bukan lah hadiah dari jepang melainkan hasil kerja keras bangsa indonesia sendiri .

  4. Aprillia Moedy mengatakan:

    Nama : Aprillia moedy
    Kelas : XII SOS 5

    Benar, karena pada masa itu rakyat Indonesia berjuang dengan gigihnya dan mempunyai semangat 45 yang sangat besar.
    Pada saat itu kota Jepang di bom oleh Amerika dan sekutunya,sehingga titik-titik kekuatan Jepang menjadi lemah,masyarakat jepang banyak yang tewas,oleh karena itu tentara Jepang di tarik kembali ke kota nya,karena Indonesia mendapatkan keberuntungan dari hancurnya kota Nagasaki dan Hirosima yang tlah di bom hancur oleh Amerika serikat dan sekutunya.

  5. nama :muhammad rizky yani kelas:Xll sos 5 mengatakan:

    Dalam pertemuan itu Marsekal Terauci memutuskan bahwa Jepang akan memberikan Kemerdekaan kepada bangsa Indonesia dan kemerdekaan itu akan diumumkan jika persiapan sudah selesai. Setelah mendengarkan penjelasan tersebut, rombongan Ir. Soekarno kembali ke Jakarta pada tanggal 14 Agustus 1945.

    Sore hari pada tanggal 15 Agustus 1945, Subandio Sastrosatomo dan Subianto menemui Drs. Moh. Hatta supaya mencegah PPKI mengumumkan kemerdekaan dengan alasan jika PPKI mengumumkan kemerdekaan berarti kemerdekaan tersebut adalah hadiah dari Jepang bukan dari Pejuangan Bangsa Indonesia

  6. Lutfi Mukti Widodo mengatakan:

    Nama: Lutfi Mukti Widodo
    Kelas: XII SOS 5

    Menurut saya karena bom atom yg dijatuhkan Amerika ke Jepang di kota Nagasaki dan Hiroshima membuat pemerintah Jepang akhirnya meyatakan menyerah. Akibat kekalahan Jepang itu, tentu tentara mereka yg sedang menjajah di Indonesia dipanggil pulang ke Jepang untuk membantu membersihkan puing puing bangunan.Dalam situasi kebetulan ini lah golongan muda indonesia memaksa golongan tua untuk memproklamasikan kemerdekaan indonesia.Namun golongan tua tidak sependapat dengan golongan muda sehingga terjadi lah penculikan golongan tua ke Rangesdengklok.Latar belakang penculikan karena golongan muda tidak ingin golongan tua di pengaruhi oleh Jepang.Setelah kembali ke Jakarta golongan tua menyusun teks proklamasi kemerdekaan Indonesia,dan ke besokan harinya di baca lah teks proklamasi dengan singkat oleh Soekarno dan Moh.Hatta di hadapan penduduk Indonesia.Kemudian Indonesia menjadi negara merdeka dengan seutuhnya tanpa campur tangan Jepang.Merdeka!!

  7. muhammad rizqan azhari mengatakan:

    Nama:muhammad rizqan azhari
    Kelas:xii sos 5
    Tugas:remedial sejarah peminatan uas 1 2015
    Jawab:
    Menurut saya indonesia merdeka bukan hadiah dari jepang karena perjuangan bangsa indonesia berperang dengan keringat sendiri dan sampai titik darah penghabisan dan di kubu kaum muda bangsa indonesia dahulu tidak setuju kemerdekaan indonesia hadiah dari jepang ,maka dari itu bangsa indonesia memproklamasikan kemerdekaan indonesia karena pada saat itu mereka yakin jepang tidak dapat berbuat apa-apa karena saat itu kota hirosima dan nagasaki sedang terjadi pembom atom an oleh amerika ,maka terjadi kekosongan di kubu tentara jepang di indonesia karna di tarik kembali ke jepang maka dari itu dengan mudah nya bangsa mempersiapkan proklamasi kemerdekaan indonesia dan pada 17 agustus 1945 indonesia merdeka,dan 17 agustus 1945 pertama kali bendera indonesia di kibarkan

  8. Benny oktavian mengatakan:

    nama :Benny oktavian
    kelas :XII SOS 5
    jawab :
    Negara Indonesia memproklamasikan kemerdekaan tanpa sepengetahuan Jepang dan pada saat itu Negara Jepang mengalami kekalahan dengan sekutu, dimana sekutu membom kota nagasaki dan hirosima, yg dimana jepang mengaku menyerah dan memanggil pulang pasukanya, Indonesia pun tidak akan menyia-nyiakan kesempatan kekosongan penjajah,. golongan muda dan golongan tua menyusunan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang berlangsung pukul 02.00 – 04.00 dini hari.
    Pagi harinya, 17 Agustus 1945, di kediaman Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur 56 telah hadir antara lain Soewirjo, Wilopo, Gafar Pringgodigdo, Tabrani dan Trimurti. Acara dimulai pada pukul 10:00 dengan pembacaan proklamasi oleh Soekarno dan disambung pidato singkat tanpa teks.

  9. doniriduan mengatakan:

    Kemerdekaan adalah suatu keadaan yang sangat diimpikan oleh semua bangsa terutama bagi bangsa Indonesia yang hampir 3,5 abad dijajah oleh bangsa Belanda dan Jepang. Kemerdekaan Indonesia bukanlah hadiah dari para penjajah.Kemerdekaan Indonesia adalah hasil perjuangan para pahlawan dan juga rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa.
    Waktu penjajahan yang sangat lama membuat bangsa Indonesia berpikir keras untuk keluar dari era tersebut.Setiap ada kesempatan pasti digunakan sebaik mungkin meskipun nyawa taruhannya.
    Sehingga makalah ini Penulis susun untuk mengetahui bagaimana jerih payah para pejuang dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dan mengetahui segala hal yang terjadi dibalik suksesnya bangsa Indonesia keluar dari masa penjajahan.

  10. Alfian anwari XII SOS 5 mengatakan:

    karna orang tua dahulu tidak setuju kemerdekaan Indonesia hadiah dari jepang.

    maka dari i5u Bangsa Indonesia meproklamasikan langsung Kemerdekaan Indonesia… TANPA IJIN JEPANG

  11. karna orang tua dahulu tidak setuju kemerdekaan indinesia hadiah dari jepang.

    maka dari itu bangsa indonesia meproklamasiakan langsung kemerdekaan indonesia!!! TANPA IJIN JEPANG

  12. Alfian anwari XII SOS 5 mengatakan:

    karna orang tua dahulu tidak setuju kemerdekaan indonesia hadiah dari jepang.

    maka dari itu indonesia meproklamasikan langsung bangsa indonesia!!! TANPA IJIN JEPANG

  13. Julita Nur Fadela mengatakan:

    Nama: Julita Nur Fadela
    Kelas: XII SOS 5 (kko)

    Karena pada waktu itu jepang di bom atom di kota hirosima dan nagasaki.
    Karena kekosongan uang di jepang jadi tentara jepand yang menjajah indonesia di tarik semua oleh jepang.
    Itu karena kaum muda bangsa indonesia dahulu tidak setuju kemerdekaan indonesia hadiah dari jepang.
    Maka dari itu bangsa indonesia memproklamasikan langsung kemerdekaan indonesia!!!! Tanpa seizin jepang!!!

  14. Julita Nur Fadela mengatakan:

    Nama: Julita Nur Fadela
    Kelas: XII SOS 5
    jepang menyerah karena amerika menjatuhkan bom ke nagasaki dan hirosima,dan karena itu jepang tidak mempunyai apa apa lagi dan menarik semua tentara jajahan mereka di indonesia
    Para kaum muda bangsa indonesia dahulu tidak setuju kemerdekaan indonesia hadiah dari jepang.
    Maka dari itu bangsa indonesia langsung memproklamasikan angsung kemerdekaan indonesia !!! Tanpa seijin jepang!!!

  15. tia laili mengatakan:

    Nama: tia laili
    kelas: XII SOS 5

    Dalam pertemuan itu Marsekal Terauci memutuskan bahwa Jepang akan memberikan Kemerdekaan kepada bangsa Indonesia dan kemerdekaan itu akan diumumkan jika persiapan sudah selesai. Setelah mendengarkan penjelasan  tersebut, rombongan Ir. Soekarno kembali ke Jakarta pada tanggal 14 Agustus 1945.

  16. Andre.Maryanto mengatakan:

    Nama:Andre.Maryanto
    Kelas:Xll sos5
    Karena dalam pembukaan UUD 1945 telah tercantum”bahwa perjuang pergerakan kemerdekaan indonesia telah sampailah pada saat yg berbahagia dengan selamat sentausa mengantarkan rakyat indonesia kedepan pintu gerbang kemerdekaan indonesia…”kalimat itu membuktikan bahwa perjuangan kemerdekaan indonesia memang sdh sangat lama di perjuangkan,Indonesia meraih kemerdekaan dengan jerih payah sendiri dengan melawan para penjajah.

  17. M.Khairudin XII Sos 5 mengatakan:

    Menurut saya negara indonesia merdeka karena adanya pahlawan pahlwan yg hebabat yang mau bertumpah darah demi membela mengorbankan jiwa raganya dan mengapdi untuk indonesia.agar negara indonesia mejadi negara merdeka dan di akui negara negara lain atas kemerdekanya.,,,,,bukan dari pemberian jepang negara indonesia mejadi merdeka .negara jepang hanya bisa mejajah indonesia saja.karena adanya para pahlwan dan para pemuda pemudi indonesia bersatu melawan sekutu dan mengunakan pikiran dan otaknya dengan benar akhirnya indonesia bisa mengusir nega jepang yang menjajah dan negara” lain yg pernah mejajah indonesia …sehinggaa itu para generasi penerus bangsa harus tetap waspada kepda negara” penjajah karena sewaktu waktu kalo para generasi/penerus bangsa bertindak tanpa menggunkan pikiran dan otaknya dengan benar …negara indonesia bisa akan di jajah kembali oleh negara lain

  18. Sejarah adalah topik ilmu pengetahuan yang sangat menarik. Tak hanya itu, sejarah juga mengajarkan hal-hal yang sangat penting, terutama mengenai keberhasilan dan kegagalan dari para pemimpin kita, sistem perekonomian yang pernah ada, bentuk-bentuk pemerintahan, dan hal-hal penting lainnya dalam kehidupan manusia sepanjang sejarah. Dari sejarah, kita dapat mempelajari apa saja yang memengaruhi kemajuan dan kejatuhan sebuah negara atau sebuah peradaban. Kita juga dapat mempelajari latar belakang alasan kegiatan politik, pengaruh dari filsafat sosial, serta sudut pandang budaya dan teknologi yang bermacam-macam sepanjang zaman.

    Salah satu kutipan yang paling terkenal mengenai sejarah dan pentingnya kita belajar mengenai sejarah ditulis oleh seorang filsuf dari Spanyol, George Santayana. Katanya: “Mereka yang tidak mengenal masa lalunya, dikutuk untuk mengulanginya.”

    Berbicara tentang sejarah Indonesia, tentu tidak terlepas dari hari lahirnya Indonesia itu sendiri, dan tentu saja hal itu akan berkaitan erat dengan pertanyaan, “Bagaimana dulu Indonesia dapat merdeka? Siapa tokoh-tokohnya? Bagaimana situasi saat itu? Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang mungkin terlintas di pikiran kita.

    Sebagaimana yang kita pelajari tentang sejarah Indonesia, masa perumusan dasar negara, proklamasi kemerdekaan, hingga awal kemerdekaan merupakan periode yang penting bagi suatu bangsa, begitu juga bagi Indonesia. Proklamasi kemerdekaan merupakan masa dimana puncak dari perjuangan dalam memerdekakan diri dari penjajah, perumusan dasar negara, dan pembentukan perangkat-perangkat kenegaraan lainnya.

    Berikut ini akan kami uraikan mengenai masa awal kemerdekaan bangsa Indonesia baik itu yang berkaitan dengan peristiwa yang terjadi sebelum kemerdekaan, tokoh-tokoh yang berperan dalam menyusun dasar negara, hingga berdirinya negara Indonesia.

  19. gustiindra mengatakan:

    Nama:gusti m indra mahardika
    Kelas:XII Sos 5 (kko)

    Karena rakyat indonesia, ingin berjuang sendiri untuk kemerdekaan indonesia tanpa campur tangan JEPANG.

  20. muhammad farhanaldy mengatakan:

    Nama : M.Farhanaldi
    Kelas : XII SOS 5
    karena jepang hanya memberikan janji dan tdk usaha dari jepang, indonesia juga tdk mau kemerdekaan bangsanya adalah hasil pemberian.pemimpin bangsa indonesia lah yg berusaha memerdekakan indonesia.

  21. Ari Yustisio Dau mengatakan:

    Nama:Ari Yustisio Dau. Kelas:XII sos 5. Karena rakyat indonesia mempunyai semagat dan kegigihan untuk merdeka tanpa bantuan jepang

  22. Alfiandi mengatakan:

    Nama : Alfiandi
    Kelas : XII sos 5 kko

    karena bom atom yg dijatuhkan Amerika ke Jepang di kota Nagasaki dan Hiroshima membuat pemerintah Jepang akhirnya meyatakan menyerah. Akibat kekalahan Jepang itu, tentu tentara mereka yg sedang menjajah di Indonesia dipanggil pulang ke Jepang untuk membantu membersihkan puing puing bangunan.Dalam situasi kebetulan ini lah golongan muda indonesia memaksa golongan tua untuk memproklamasikan kemerdekaan indonesia.Namun golongan tua tidak sependapat dengan golongan muda sehingga terjadi lah penculikan golongan tua ke Rangesdengklok.

  23. M.Arief rahman hakim mengatakan:

    Nama : M.Arief rahman hakim
    Kelas : XII – SOS 5 “KKO”

    Menurut saya sendiri indonesia merdeka secara mandiri dan kerna faktor runtuh nya jepang oleh amerika.

    Jepang mengalami kerusakan atas Bom Atom Amerika ke jepang di Nagasaki & Hiroshima , Hal ini lah membuat jepang melemah & menyatakan meyerah dan menarik semua pasukan yg menjajah indonesia kembali ke jepang untuk membantu merapikan negara mereka yg sdh hancur kerna bom atom amerika.

    Dan saat itu lah golongan muda indonesia memaksa golongan tua untuk memproklamasikan kemerdekaan indonesia , ternyata golongan tua tidak sependapat dengan golongan muda hingga terjadi lah pertentangan antara golongan tua dan muda
    Hingga terjadilah penculikan Rangesdengklok.
    Latar belakang Rangesdengklok ialah , penculikan oleh golongan muda indonesia sendiri , karena golongan muda tidak inggin golongan tua terpengaruh dan Terhasut oleh Jepang. Setelah Itu lah Soekarno dan moh Hatta mengatur teks Proklamasi negara kita dan di esok hari nya proklamasi di baca kan dan di umum kan secara langsung di rakyat dekat dan melalu komunikasi RADIO buat rakyat di seluruh indonesia .

  24. M.ridho fahrizalnoor mengatakan:

    Nama:M.Ridho Fahrizalnoor
    Kelas:XII sos 5

    Ya,benar karena pasukan jepang di tarik mundur sebab kota hiroshima dan nagasaki di bom atom oleh amerika.
    Menyebabkan kekosongan kekuasaan karena hal ini lah di sempatkan para pemuda indonesia merebut atau memproklamasi kan indonesia.
    17 agustus 1945 pertama kali bendera indonesia di kibarkan.

  25. M.Ridho Fahrizalnoor mengatakan:

    Ya,benar karena pasukan jepang telah di tarik mundur sebab kota hirosima dan nagasaki di bom atom olah amerika.
    Menyebabkan kekosongan kekuasan di indonesia maka hal ini lah di sempatkan pemuda indonesia untuk merebut atau memproklamasikan kemerdekaan indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s